Banjir Orderan, Pelaku Industri Rumahan Dapat Berkah Natal

0
44
Banjir Orderan, Pelaku Industri Rumahan Dapat Berkah Natal Headline Kotamobagu
Pelaku industri rumahan yang bergerak di bidang jasa pembuatan kue kering banjir orderan jelang natal dan tahun baru.

ZONA KOTAMOBAGU – Pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) mendapat berkah jelang Natal dan Tahun Baru. Permintaan pembuatan kue kering dan produk industri rumahan lainnya terus meningkat dalam beberapa pekan terakhir.

Seperti yang diakui Yenti Pobela, warga Desa Bilalang I. Menurutnya, ia mendapat banyak orderan kue kering. Yang memesan katanya rata-rata umat kristiani di Kota Kotamobagu yang akan merayakan Natal dan Tahun Baru. “Karena permintaannya banyak, maka dari sekarang saya mulai membuat kue yang dipesan,” ujarnya.

Untuk harga, ia mematok Rp225 ribu per toples. Adapun jenis kue yang dibuatnya adalah disesuaikan dengan permintaan si pemesan. “Bersyukur karena banyak yang order. Memang momen hari besar keagamaan seperti ini menjadi berkah bagi kami sebagai pembuat kue,” sebutnya.

Senada diutarakan Lian Mamonto, warga Kelurahan Upai. Ia mengaku mendapat banyak orderan napolitein. “Dalam dua minggu terakhir ini sudah mulai banyak yang memesan. Harganya 300 ribu untuk ukuran sedang, kalau yang besar harganya 500 ribu,” sebutnya.

Bisnis rumahan yang dilakoni mayoritas ibu-ibu rumah tangga itu mendapat dukungan dari Pemerintah Kota (Pemkot). Melalui instansi terakit, pengembangannya terus didorong, dengan harapan bisa memberi dampak positif terhadap peningkatan ekonomi masyarakat.

“Sepanjang tahun ini ada 1004 IKM yang tumbuh dan berkembang, seperti industri rumah tangga, industri kecil, dan industry sedang. Yang paling banyak dan menonjol adalah industri rumah tangga yang pengelolaannya fokus pada usaha kue, kacang-kacangan dan sebagainya. Ini kita dorong agar terus tumbuh dan berkembang, karena dampaknya terhadap peningkatan ekonomi pasti akan sangat dirasakan,” ujar Kepala Bidang Perindustrian Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker), Fadlun Paputungan. (gjm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here