Banyak Perusahaan di Kotamobagu Belum Terapkan UMP

0
252

Banyak Perusahaan di Kotamobagu Belum Terapkan UMP Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Hingga saat ini, nominal gaji karyawan yang diterapkan sejumlah perusahaan di Kotamobagu belum sesuai standar Upah Minimum Provinsi (UMP). Begitu dikatakan Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja melalui Kepala Bidang Tenaga Kerja, Ratna Adharani.

“Hal itu benar, karena saat kami melakukan pantauan ternyata masih ada sejumlah perusahaan yang belum menerapkan UMP bagi karyawannya,” kata Ratna, saat ditemui di ruang kerjannya beberapa waktu lalu.

Padahal tambah Ratna, pihaknya sudah beberapa kali mengadakan penyuluhan terkait UMP yang menghadirkan para pemilik perusahaan. Pun demikian, Ratna mengaku untuk pemberian upah memang tergantung pihak perusahaan, karena karyawan sudah ada perjanjian sebelum bekerja, “Tapi melihat kondisi perusahaan yang sudah mampu, harusnya wajib menerapkan gaji sesuai UMP,” tuturnya.

Lebih lanjut Ratna menjelaskan, pihaknya memang masih menerima laporan soal ketenagakerjaan baik soal gaji dan PHK. Laporan itu kemudian ditindaklanjuti,  “Kalau laoran yang kami terima selama 2015 sebanyak 13 laporan. Delapan sudah diselesaikan, dan sisanya diteruskan ke provinsi,” urainya.

Pihaknya pun mencatat, tenaga kerja asli Kotamobagu saat ini sebanyak 3.296 orang. Sedangkan jumlah perusahaan yang sudah menerapkan UMP sebanyak 16.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here