Barang Bukti Tipikor Gaji PNS Bolsel, Diduga Diperjual Belikan

0
406
Barang Bukti Tipikor Gaji PNS Bolsel, Diduga Diperjual Belikan Bolsel Headline Hukum
Kepala Kejaksaan Cabang Dumoga, La Haja

ZONA HUKRIM – Kasus dugaan tindak pidana korupsi mark up gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkab Bolaang Mogondow Selatan (Bolsel) tahun 2010, yang saat ini tengah ditangani Kejaksaan Cabang Dumoga, barang buktinya diduga diperjual belikan.

Hal itu diungkapkan Ketua Lembaga Investigasi Tindak Pidana Korupsi (LI-TPK), Yakin Paputungan, kepada zonabmr.com Minggu (08/8) siang tadi. Kata dia, barang bukti sebidang tanah seluas 20 hektare yang berlokasi di perkebunan Motompot, Desa Kombot, Kecamatan Pinolosian, diketahuinya telah dijual oleh tersangka dengan inisial AB.

“Tersangka AB telah menjual tanah 20 hektare dengan isi tanaman 700 pohon cengkeh yang merupakan barang bukti itu, kepada salah satu pengusaha super market terbesar yang ada di Kotamobagu,” beber Yakin.

Lanjut Yakin, AB saat bersua dengan dirinya mengaku bahwa kebun tersebut telah dijual seharga Rp 600 juta. “AB juga mengaku, surat keterangan kepemilikan tanah tersebut telah dijaminkan kepada MP-TGR Kabupaten Bolsel,” tambah Yakin.

Yakin meminta, pihak Kejaksaan Cabang Dumoga dapat mengusut kasus ini dengan melakukan pemangilan kepada oknum pengusaha tersebut dan mendesak barang bukti lahan ini disita kembali. “Ini adalah pelanggaran hukum. Kejaksaan harus menyita kembali barang buktinya,” ujar Yakin.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Cabang Dumoga, La Haja SH, saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya saat ini masih melakukan penyelidikan kebenaran tentang jual beli barang bukti tersebut. “Saya belum bisa memastikan. Masih dalam tahap penyelidikan,” singkat La Haja kepada zonabmr.com Minggu (08/8) sore tadi.

Peliput: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here