Baru 53 Caleg Urus Rekomendasi Pemasangan APK

0
364
Baru 53 Caleg Urus Rekomendasi Pemasangan APK Kotamobagu
Irianto Mokoginta

ZONA KOTAMOBAGU – Jumlah Calon Legislatif (Caleg) yang mengurus rekomendasi pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), masih sangat kurang. Data diperoleh, hingga Jumat (4/1) pekan lalu, baru 53 dari 258 caleg yang mengurus rekomendasi di Kesbangpol.

Sekretaris Kesbangpol, Hendra Makalalag, mengatakan rekomendasi Kesbangpol bersifat wajib dalam setiap pemasangan APK. Hal itu katanya penting untuk menghindari penertiban oleh pihak yang berwenang. “Dalam waktu dekat ini akan ada penertiban APK yang tidak ada rekomendasi. Kita masih tunggu jadwal dari Bawaslu, kemungkinan minggu ini akan turun bersama instansi terkait,” katanya.

Ia mengungkapkan, caleg yang belum mengurus rekomendasi harus segera mengurus sebelum memasang APK, dengan syarat; bermohon ke sangadi atau lurah untuk ditindaklanjui ke Kesbangpol. “Setiap Caleg harus mematuhi ketentuan yang berlaku, termasuk soal rekomendasi pemasangan APK ini,” ungkapnya.

Kepala Badan Kesbangpol, Irianto Mokoginta, menuturkan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait dalam penyelenggaraan Pemilu tahun ini. Hal-hal yang menjadi fokus perhatian katanya adalah soal APK maupun kegiatan yang dilakukan Caleg dengan melibatkan banyak orang. Katanya, dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 23 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilihan Umum, peserta Pemilu dapap mencetak dan memasang APK yang meliputi baliho, billboard atau videotron, spanduk dan umbul-umbul.

“Soal PKPU, dalam pengawasan APK di lapangan kita mengacu pada ketentuan yang diatur dalam Perda (Peraturan Daerah) nomor 34 tahun 2008 tentang pengaturan teknis terhadap keberadaan organisasi dan penerbitan surat rekomendasi kegiatan di wilayah Kota Kotamobagu. Salah satu rekomendasi yang dikeluarkan pemerintah daerah adalah pemasangan spanduk dan papan promosi,” jelasnya. (ads/trz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here