Belasan Lahan Perkebunan di Pegunungan Passi Terbakar

0
240
Belasan Lahan Perkebunan di Pegunungan Passi Terbakar Kotamobagu
Ilustrasi

ZONA KOTAMOBAGU – Lahan perkebunan milik warga Gogagoman yang berada di pegunungan Passi, Kabupaten Bolaang Mongodow, alami kebakaran pada Kamis (8/10) siang tadi.

Api begitu cepat menjalar sulit dipadamkan, hingga memakan habis ratusan tanaman milik warga yang sudah mulai mengering. Akibat kebakaran tersebut, warga mengalami kerugian mencapai puluhan juta rupiah.

Sampai saat kini belum diketahui dari mana sumber api berasal. Namun menurut dugaan sejumlah warga, kebakaran terjadi akibat puntung rokok yang dibuang oknum tidak bertanggungjawab.

“Pertama kami hanya melihat ada asap putih, kami mengira ada orang yang sedang membakar rumput, tapi lama kelamaan api sudah jauh menjalar‎ luas. Mungkin ada yang sengaja membuang puntung rokok,” kata Didin warga sekitar.

Kepala Dinas Tata Kota (Distakot) Kotamobagu, Bambang Irawan Ginoga‎ menyatakan, pihaknya saat mendapat laporan warga langsung mengerahkan dua unit Mobil Pemadam Kebakaran (Damkar).

“Dua unit saya langsung perintahkan menuju ke lokasi kebakaran. Akan tetapi mobil Damkar tidak bisa menjangkau api yang sedang menyala karena posisinya di atas gunung,” kata Bambang.

Meski api belum bisa dijinakan, dirinya kembali mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dan menjaga untuk tidak melakukan kegiatan yang dapat memicu terjadinya kebakaran.

“Kondisi tanaman saat ini sudah mongering. Ini cepat sekali akan dilalap api, sehingga saya mengharapkan agar warga tidak sembarangan membakar rumput ataupun membuang puntung rokok yang nantinya menjadi pemicu utama kebakaran,” imbau Bambang.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here