Belum Miliki e-KTP, Ribuan Warga Kotamobagu Terancam Sanksi

0
155
Belum Miliki e-KTP, Ribuan Warga Kotamobagu Terancam Sanksi Kotamobagu
Virgina Olii, SE

ZONA KOTAMOBAGU – Warga Kota Kotamobagu yang belum sempat melakukan perekaman e-KTP harus segera melakukan perekaman. Pasalnya, sanksi tegas berupa penonaktifan data kependudukan serta tidak akan mendapat layanan publik siap diberikan bagi warga yang belum mengantongi kartu identitas tersebut.

Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) memberi waktu hingga 30 September untuk proses pengurusan e-KTP. Jika tidak, sanksi itu akan diberlakukan. Data diperoleh, terdapat sekira 95.154 wajib KTP di Kota Kotamobagu. Namun hingga kini yang sudah merekam dan mengantongi e-KTP baru berjumlah 77.243. Itu artinya, masih ada 17.911 yang belum melakukan perekaman.

Kepala Dukcapil, Viginia Olii mengakui, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengurus KTP. Tidak ada kendala yang dihadapi di lapangan, sebab alat perekaman serta petugas yang melakukan pelayanan serta selalu siap setiap saat.

“Kendalanya hanya pada kesadaran masyarakat. Banyak yang beranggapan bahwa KTP tidak terlalu penting sehingga hanya mengurusnya ketika ada keperluan,” katanya, kemarin.

Diungkapkannya, untuk melayani warga dalam pengurusan KTP, pihaknya menyiapkan tiga unit alat perekam, “Dua di antaranya mobile ke setiap desa dan kelurahan” ungkapnya.

Dia mengimbau, warga untuk segera datang mengurus e-KTP, “Pengurusannya mudah, cepat dan gratis. Cukup datang ke kantor (Dukcapil) dengan membawa berkas, pasti akan dilayani,” pungkasnya.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here