Bentuk Tim Pora, Pemkot Dukung Pengawasan Orang Asing

0
234

Bentuk Tim Pora, Pemkot Dukung Pengawasan Orang Asing Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Pembentukan Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) oleh pihak Kantor Imigrasi Kelas III Kotamobagu mendapat dukungan penuh Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu.

Dibentuknya Tim Pora yang melibatkan unsur pemerintah, kepolisian, serta Badan Intelejen Negara (BIN), bertujuan untuk maksimalisasi pengawasan terhadap tenaga asing ilegal (TKA) yang ada di wilayah Kotamobagu serta empat daerah lain di Bolaang Mongondow Raya (BMR).

“Wali Kota sangat merespon positif dan mendukung penuh Tim Pora. Dengan dibentuknya tim ini, kontrol terhadap keberadaan atau masuknya warga asing ilegal yang cukup meresahkan masyarakat, bisa diatasi secara intens dan cepat,” kata Assisten I Bidang Pemerintahan, Nasrun Gilalom, usai menghadiri pembentukan Tim Pora di Kantor Imigrasi kelas III Kotamobagu, Kamis (23/3).

Terpisah, Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Kotamobagu, Joni Rumagit SH menjelaskan, selain memaksimalkan pengawasan, dibentuknya Tim Pora juga untuk menepis berita hoax yang kerap mengganggu kenyamanan masyarakat.

“Untuk mewujudkan hal tersebut maka peran dari masing-masing instansi sesuai dengan tugas dan fungsi diperlukan. Demi terciptanya kondusifitas keamanan serta kenyamanan di wilayah Kotamobagu maupun di empat kabupaten lainnya,” ujarnya.

Ia menambahkan, pengawasan yang dilakukan akan dimaksimalkan sesuai kesepakatan Tim Pora. “Kita akan terus melakukan koordinasi disertai pengawasan bersama, tukar-menukar informasi mengenai keberadaan orang asing, untuk mencegah terjadinya pelanggaran,” urainya.

Meski keterbatasan SDM yang dimiliki, kata Joni, Tim Pora optimis bisa memberikan pelayanan dalam hal pengawasan tenaga asing ilegal. “Kantor imigrasi hanya memiliki jumlah pegawai 12 orang termasuk pejabat struktural. Akan tetapi 2 orang pegawai mengikuti pendidikan khusus di BPSDM sehingga saat ini kami hanya memiliki 7 pegawai jabatan fungsional untuk melayani 1 kota dan 4 kabupaten. Tapi kami optimis dengan adanya Tim Pora bisa memaksimalkan program ini,” katanya.(ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here