Bersemi Fokus Perampungan Program Infrastruktur Pedesaan

0
285
Bersemi Fokus Perampungan Program Infrastruktur Pedesaan Boltim
Bupati Boltim, Sehan Landjar

ZONA BOLTIM – Bupati Bolmong Timur (Boltim) Sehan Landjar mengungkapkan belum memikirkan soal maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Dirinya lebih fokus pada program perampungan infrastruktur pedesaan dan ekonomi kerakyatan, yang merupakan tekad utama pemerintahan di bawah kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Medy Lensun, hingga akhir periode September 2015 nanti.

Dijelaskannya, program tersebut mulai dari penambahan akses jalan perkebunan, rehabilitasi rumah tidak layak huni sebanyak 1000 unit hingga penambahan modal bagi 10.000 pelaku usaha kecil yang akan dialokasi sebanyak Rp 30 miliar.

“Soal desakan maju kembali di Pilkada belum saya hiraukan. Kami akan terus komitmen memperhatikan hal apa yang menjadi prioritas program pembangunan di Boltim. Poin utama yang harus dan akan terus dilakukan guna meningkatkan ekonomi kerakyatan guna mewujudkan visi kabupaten, yakni pembangunan berbasiskan pedesaan,” ungkap Eyang sapaan akrab Bupati Boltim Sehan Lanjdar.

Eyang berharap, dengan disetujuinya Undang Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa yang dikuatkan lewat Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014, usulan mengenai Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp 1 miliar per desa harus segera diwujudkan.

“Justru undang undang ini akan memperkuat peranan desa. Sepanjang desa tidak makmur, negara juga tidak makmur. Ini langkah maju, dampaknya luar biasa karena perekonomian desa bergerak dinamis,” paparnya.

Tindaklanjut aturan ini, lanjut dia, Pemkab Boltim akan memberikan pelatihan dalam meningkatkan kapasitas aparatur desa tentang pengelolaan keuangan desa.  “Peran BPMPD kita maksimalkan lagi. Sangadi juga harus dibekali tata kelola keuangan desa. Makanya, mereka mesti didampingi dengan sekretaris desa yang terlatih,” tutupnya.

Peliput: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here