Besok, 396 Pelamar CPNS Ikut SKD Ulang

Besok, 396 Pelamar CPNS Ikut SKD Ulang Kotamobagu
Sahaya Mokoginta

ZONA KOTAMOBAGU – Pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang tak mencapai nilai passing grade saat Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) beberapa waktu lalu, berkesempatan untuk memperbaiki nilainya. Bukan karena ada ujian SKD ulang lantaran fenomena gugur massal peserta CPNS, melainkan Badan Kepegawaian Negara (BKN) merespon keluhan pelamar yang saat ujian lalu menemukan banyak soal yang bermasalah. Keluhan pelamar itu dituangkan dalam berita acara dan disampaikan pengawas ke BKN.

Pelaksanaan SKD ulang ini sesuai pengumuman Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) nomor 800/BKPP-KK/XI/518/2018 tentang pelaksanaan seleksi kembali SKD CPNS Tahun 2018.

Menurut Kepala BKPP,  Sahaya Mokoginta, tidak semua pelamar CPNS yang terdaftar sebagai peserta SKD yang dilakanakan beberapa waktu lalu, berkesempatan mengikuti SKD ulang. Katanya, hanya ada 396 dari jumlah 861 total pelamar sebelumnya yang akan mengikuti SKD ulang. “Nama-nama ini dikeluarkan oleh BKN berdasarkan berita acara yang disampaikan ke pengawas pasca ujian lalu. Untuk Kota Kotamobagu hanya 396 peserta,” kata Sahaya.

Ia mengungkapkan, nilai SKD yang digunakan sebagai dasar penetapan hasil seleksi adalah hasil SKD yang terakhir dilaksanakan. “Jika hasil SKD semula nilainya lebih tinggi, maka nilai yang digunakan adalah hasil SKD yang terakhir,” ungkapnya.

Lanjutnya, pelaksanaan SKD ulang akan dilaksanakan dalam dua sesi. Tempat pelaksanaannya di Kantor BKN Regional XI Manado, Minggu (18/1) besok. “Pelamar yang tidak memanfaatkan kesempatan mengikuti SKD pada waktu yang ditentukan (besok) dengan alasan apapun, maka tidak diberi kesempatan lagi mengikuti SKD. Kemudian untuk nilai yang akan digunakan sebagai dasar penetapan akhir adalah nila SKD sebelumnya,” ujarnya.

Pelaksanaan SKD ulang ini disambut baik para pelamar.  Kesempatan itu menurut mereka akan dimanfaatkan sebaik mungkin agar bisa mencapai nilai passing grade yang ditentukan. “Boleh dibilang ini adalah kesempatan kedua. Insya allah saya bisa mendapatkan hasil yang memuaskan,” sebut salah satu pelamar yang meminta namanya tak disebutkan. (ads/trz)

Leave a Response