Besok, KPU Bolmong Gelar PSU di TPS Tiga Imandi

0
325
Besok, KPU Bolmong Gelar PSU di TPS Tiga Imandi Bolmong
Ketua KPU Bolmong, Fahmi Gobel

ZONA BOLMONG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bolaang Mongondow (Bolmong), akan melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU) di tempat pemungutan suara (TPS) tiga Kelurahan Imandi, Kecamatan Dumoga Timur, Kamis (17/7) besok.

Menurut Ketua KPU Bolmong, Fahmi Gobel, PSU tersebut akan dilakukan karena rekomendasi Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang menyatakan telah terjadi pelanggaran administrasi di TPS tersebut. Pelanggaran tersebut kata Fahmi, lantaran ada satu orang pemilih menggunakan hak mencoblos hingga dua kali di dua TPS berbeda yakni TPS tiga dan empat.

Meskipun rekomendasi Panwascam tersebut menyebut PSU harus dilakukan di dua TPS, namun KPU hanya akan melaksanakan PSU di TPS tiga saja. “Karena di TPS empat, nama yang bersangkutan sama dengan identitas, sehingga suara pemilih tersebut tetap dianggap sah, dan yang bermasalah adalah TPS tiga karena yang bersangkutan menggunakan nama lain tidak sesuai dengan identitasnya,” kata Fahmi.

Persiapan PSU katanya sudah dilakukan. Jika tidak ada aral melintang besok PSU digelar. Teknis pelaksanaan PSU sama dengan pemilihan Pilpres sebelumnya, sehingga secara otomatis C1 dari TPS tiga akan ada pergantian. Begitupun model D1 dan lampirannya (PPS) dan DA1 dan lampirannya (PPK), akan mengalami perubahan. “Perlu diketahui, bahwa sesuai aturan rekomendasi Panwascam wajib ditindaklanjuti,” ujarnya.

Rapat koordinasi (Rakor) bersama seluruh stakeholder termasuk tim pemenangan, semuanya menyatakan tak keberatan dengan hasil, tapi karena rekomendasi tersebut sudah diterima oleh KPU melalui PPK Dumoga Timur, maka menjadi kewajiban KPU untuk menindak lanjuti rekomendasi tersebut.

“Diharapkan, kepada masyarakat terutama pemilih di TPS tersebut dapat menghadiri seluruh proses dan mengawal hasilnya. KPU pada dasarnya hanya melaksanakan rekomendasi yang telah dikeluarkan Panwas. Sehingga, di belakang hari nanti tak ada lagi persoalan yang muncul terkait dengan penyelenggaraan Pilpres di Bolmong,” kata Fahmi.

Peliput: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here