BI Tertarik Kembangkan Kopi Kotamobagu

0
111

BI Tertarik Kembangkan Kopi Kotamobagu Headline Kotamobagu  ZONA KOTAMOBAGU – Bank Indonesia (BI) melirik potensi komoditi pertanian di Kota Kotamobagu. Salah satunya adalah kopi. Beberapa hari lalu, perwakilan BI sudah datang meninjau lokasi perkebunan sekaligus menemui para petani kopi di Desa Poyowa Besar II, Kecamatan Kotamobagu Selatan.

Kepala Dinas Pertanian, Muhammad Yahya, mengatakan perwakilan dari BI itu datang melihat potensi komoditi kopi, sekaligus proses pengolahan pasca panen. “Kedepannya pihak BI berencana membina para petani kopi di sini. Ini tentu kabar baik bagi para petani, terutama dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas kopi,” katanya.

Selain kopi, BI juga melirik potensi kakao dan gula aren yang dimiliki Kota Kotamobagu. “Rencananya mereka akan datang melihat potensi gula aren di Desa Moyag, dan Kakao di area perkebunan di wilayah Kotamobagu Utara,” ujarnya.

Selain kopi, kakao dan gula aren, sebelumnya BI juga sudah terlebih dahulu tertarik mengembangkan potensi nenas. Beberapa kelompok tani telah diberi pelatihan soal cara pengolaan buah nenas pasca panen. Selain itu, bantuan berupa mesin pengolahan nenas juga telah diberikan kepada kelompok tani yang ada di Kelurahan Mongkonai Barat. (gjm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here