Bidang Peternakan Dinas Pertanian Periksa Kesehatan Hewan Kurban

0
7
Bidang Peternakan Dinas Pertanian Periksa Kesehatan Hewan Kurban Kotamobagu
Petugas Dinas Pertanian saat memeriksa kesehatan hewan kurban di salah satu tempat penjualan hewan.

ZONA KOTAMOBAGU – Bidang Peternakan Dinas Pertanian memeriksa kesehatan hewan kurban yang dijual di sejumlah tempat di wilayah Kota Kotamobagu, Jumat (2/8). Hasilnya, hewan kurban baik itu sapi maupun kambing semuanya sehat dan aman dikonsumsi.

Kepala Seksi Kesehatan Hewan Veteriner, Sri Anggraini, mengatakan pemeriksaan kesehatan hewan meliputi penampakan luar seperti; kebersihan kulit, kejernihan mata, gigi dan mulut tidak berlir dan telinga. Selain itu, pihaknya juga kata dia melihat kotoran hewan untuk memastikan kondisi bagian dalam tubuh hewan. “Hasil pemeriksaan kita tadi (kemarin, red), semua sehat dan aman dikonsumsi,” katanya.

Selain sehat, ia mengungkapkan hewan yang akan dikurban harus berusia produktif yang ditandai dengan tumbuhnya gigi tetap. “Kalau ditemukan ada yang tidak sehat atau belum memenuhi usia produktif, kita akan merekomendasikan untuk tidak di jual ke masyarakat,” ungkapnya.

Ditambahkannya, pemeriksaan kesehatan hewan kurban itu tak hanya di tempat-tempat penjualan saja, pihaknya juga katanya siap turun ke desa dan kelurahan jika ada permintaan dari masyarakat. “Kalau ada yang memiliki hewan kurban dan ingin diperiksa kesehatannya, silahkan melapor. Nanti kita akan tindaklanjuti,” tambahnya. (gjm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here