BLH Seriusi Dugaan Pencemaran Lingkungan di Desa Bakan

0
313
BLH Seriusi Dugaan Pencemaran Lingkungan di Desa Bakan Bolmong
Ilustrasi

ZONA BOLMONG – Dugaan pencemaran lingkungan setelah mati mendadaknya puluhan unggas dan ikan milik warga Desa Bakan, Kecamatan Lolayan, Jumat pekan lalu, menjadi perhatian serius Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).

Kepala BLH Yudha Rantung, mengatakan pihaknya telah menerima laporan soal kasus matinya hewan di sekitar sungai desa tersebut. “Saya sudah menurunkan tim ke Desa Bakan untuk mengambil sampel ikan yang mati dan juga mengambil sampel air di sungai tersebut. Itu dilakukan untuk diuji laboratorium di Manado,” kata Yudha, saat dihubungi via telepon selular, Senin (03/8).

Untuk hasil uji laboratorium, kata Yudha, dalam jangka waktu dua pekan ke depan akan diketahui aslinya. “Dari situ akan diketahui penyebabnya, apakah ada penecemaran lingkungan atau tidak. Kita tunggu saja apa penyebabnya,” ujar Yudha.

Sebelumnya, sejumlah warga mengeluhkan peristiwa tersebut. Salah satunya Rinal Mamonto, yang mengaku ratusan ekor ikan di kolam miliknya mati. Akibatnya ia pun mengalami kerugian besar karena ikan-ikan gagal dipanen. ”Kerugian yang saya alami sekitar 10 juta rupiah,” ungkap Rina.

Warga pun meminta pemerintah melalui instansi terkait segera melakukan identifikasi penyebab matinya puluhan ekor unggas dan ikan di kolam milik warga. “Agar bisa diketahui penyebabnya dan dilakukan pencegahan,” ujar Mat Pato, warga setempat.

Reporter: Wiradi Gilalom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here