BNK-Polres Bentuk Kader Anti Narkoba

0
283
BNK-Polres Bentuk Kader Anti Narkoba Kotamobagu
Gunawan Damopolii

ZONA KOTAMOBAGU – Mengantisipasi terjadinya penggunaan narkotika dan obat terlarang (Narkoba) khusunya di kalangan pelajar, Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Badan Narkotika Kotamobagu (BNK), dan Satuan Narkoba Polres Bolmong membentuk Tim Kader Anti Narkoba.

Untuk BNK sendiri akan melatih sekira 12 orang yang nantinya membantu melakukan penyuluhan kepada masyarakat tentang bahaya penggunaan Narkoba, “BNK dalam waktu dekat ini akan pembentukan kader anti Narkoba,” kata Kepala BNK Gunawan Damopolii.

Selain itu, tambah Damopolii, pihaknya akan melakukan tes urin kepada sejumlah pelajar yang ada di Kotamobagu. Termasuk akan menyurat kepada lapak untuk membatasi penjualan terhadap beberapa obat-obatan khusus yang sering dikonsumsi menyimpang para pelajar.

“Sasarannya sementara anak sekolah dulu. Dan kami juga akan memberikan surat imbauan pembatasan penjualan ke kios, apotek dan toko yang menjual komix dan lem ehabond agar tidak menjual dalam jumlah yang besar. Apalagi kepada anak-anak di bawah umur,” ujarnya.

Senada disampaikan Kepala Satuan Narkoba Polres Bolmong, AKP Hani Lukas. Kata dia, langkah-langkah telah dilakukan pihaknya dengan membentuk tim kader anti Narkoba. Pembentukan tim kader bekerja sama dengan Pemkot Kotamobagu, “Kami sudah membentuk juga kader anti narkoba. Kemarin sudah dilakukan penyuluhan,” ungkapnya.

Disinggung soal tingkat penggunaan Narkoba di Kotamobagu, ia menjelaskan hingga saat ini Kota Kotamobagu belum masuk pada kategori darurat Narkoba. Hal ini dilihat dari jumlah pengguna Narkoba yang berhasil diamankan.

‚ÄúTahun 2014 hanya 1 orang, 2015 juga 1 orang dan untuk tahun ini juga hanya 1 orang warga di Kelurahan Gogagoman. Proses hukum kepada pelaku sudah dilakukan,” ucapnya.

Meski demikian, bukan berarti bahwa dengan kondisi tersebut memberikan peluang bagi para pengedar maupun pengguna Narkoba untuk beraksi di Kotamobagu, “Kami akan terus berupaya memberantas dan membongkar jaringan Narkoba ini. Narkoba tidak seperti kriminal yang lain. Ini butuh proses dan semoga semua bisa terungkap,” pungkasnya.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here