BNPB Ajari TRC Cara Cepat Tanggulangi Bencana

0
331
BNPB Ajari TRC Cara Cepat Tanggulangi Bencana Kotamobagu
Pelatihan TRC untuk uji cepat penanggulangan bencana yang dilaksanakan BPBD.

ZONA KOTAMOBAGU – 40 anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) yang terdiri dari gabungan perwakilan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) mengikuti pelatihan kaji cepat penanggulangan bencana. Kegiatan tersebut dilaksanakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) selama empat hari mulai Selasa (24/4) hingga Jumat (27/4) dengan menghadirkan pemateri dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat.

Kepala BPBD, Refly Mokoginta, mengatakan pelatihan tersebut adalah yang pertama kali dilakukan. Para anggota TRC itu terdiri dari gabungan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, seperti Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Bada Penelitian Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) dan lainnya.

“40 orang ini mendapat pelatihan khusus selama empat hari dari BNPB Pusat. Mereka diberi materi soal cara cepat penanggulangan bencana,” katanya.

Setelah mengikuti pelatihan tersebut, ia berharap semua anggota TRC mendapat pengetahuan soal tata cara penanggulangan bencana termasuk proses evakuasi korban.

“Pelatihan seperti ini penting dilakukan agar ketika turun di lapangan nanti, mereka bisa mengetahui apa yang akan dilakukan,” ujarnya.

Ditambahkannya, setiap anggota TRC harus selalu siap siaga ketika terjadi bencana alam. “Ketika terjadi bencana, mereka ini yang paling depan berada di lapangan. Selain TRC, kita juga sudah bentuk tim relawan,” tambahnya. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here