Bolmong Belum Bisa Didaftar, Pelamar CPNS Pilih Daerah Lain

0
496

Bolmong Belum Bisa Didaftar, Pelamar CPNS Pilih Daerah Lain Bolmong Headline
ZONA BOLMONG – Sejumlah pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mengaku bingung dengan belum adanya pilihan instansi Pemkab Bolmong dalam pendaftaran CPNS di situs Panselnas KemenPAN-RB. Sementara, hampir beberapa daerah yang menerima CPNS sudah mulai mengadakan tes.

“Batas penutupan (pendaftaran) semakin dekat, kami belum bisa mendaftar CPNS di Bolmong. Kami berharap pemerintah daerah lebih proaktif menyelesaikan permasalahan ini,” ujar Kaslani Paputungan, salah satu calon pendaftar CPNS Bolmong asal Lolak.

Lanjut diungkapkannya, beberapa daerah lain sudah menutup pendaftaran CPNS, namun dirinya resah untuk Bolmong sampai saat ini belum juga bisa dipilih. “Setiap berkesempatan dicoba akses pendaftarannya, namun sampai Senin (08/9) hari ini, dalam kolom pengisian instansi pada formulir pendaftaran di situs panselnas, untuk Bolmong belum juga ada,” aku Kaslani.

Senada dikatakan Frangki Laloan, warga asal Dumoga. Menurutnya, kondisi ini bisa merugikan Kabupaten Bolmong sebagai daerah penerima CPNS. Pasalnya, para pelamar yang hendak mendaftar di Bolmong akhirnya pindah ke daerah lain karena ketidak pastian kapan munculnya Bolmong pada pengisisan pendaftaran CPNS.

Dalam rekrutmen CPNS kali ini, masih menurut Frangki, Pemkab Bolmong diperkirakan bakal minim peserta karena setiap pendaftar hanya bisa memilih satu daerah dalam pengisian formulir secara online. Kata dia, bukan tidak mungkin pelamar asli daerah terpaksa mendaftar ke daerah lain.

“Dalam rekrutmen CPNS ini saya sebenarnya berniat melamar di Pemkab Bolmong. Sayangnya hingga saat ini Bolmong belum bisa diakses, hingganya saya sudah mengisi formulir di Kotamobagu,” ujar Frangki,

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Leksi Paputungan, membenarkan belum bisa diaksesnya Bolmong dalam pendaftaran CPNS saat ini. Kata dia, pihaknya sudah beberapa kali mengirimkan staf ke KemenPAN-RB dan menanyakan permasalahan tersebut, namun hingga saat ini belum ada petunjuk lebih lanjut dari pihak Panselnas.

Meski begitu, lanjut Leksi, batas waktu pendaftaran untuk Bolmong akan menyesuaikan sejak pengisian instansi untuk bolmong sudah bisa diakses. “Intinya, pendaftaran CPNS secara online bersifat fleksibel, karena ketika pengisian instansi sudah dapat diakses, maka pendaftaran dilakukan selama 14 hari,” terang Leksi.

Peliput: Wiradi Gilalom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here