Bolmut Daerah Pertama Sukses Tekan Angka Stunting Hingga 15 Persen

0
55
Bolmut Daerah Pertama Sukses Tekan Angka Stunting Hingga 15 Persen Bolmut Headline
Abdul Nazarudin Maloho

ZONA BOLMUT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) berhasil menekan angka stunting atau kondisi gagal pertumbuhan tubuh dan otak pada anak akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama, dengan angka pengurangan mencapai 15 persen.

Hal ini diungkapkan Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Abdul Nazarudin Maloho S.Pd, M.Si, saat bersua dengan sejumlah awak media usai menggelar rapat dengan tim penilai dari pusat, Kamis (3/9).

Menurutnya, pada awal 2016 lalu persentasi stunting di Bolmut berada diangka 43 persen, di tahun 2020 ini sudah di zona hijau yakni tinggal 15 persen. “Maka dari itu Target kami (Pemda) pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2023, optimis bisa masuk diangka 10 persen,” katanya.

Selain itu, lanjut Maloho, berbicara target awal¬†Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (Bappenas RI) sendiri itu diangka¬†19 persen. Namun, Presiden Jokowi menargetkan harus 14 persen. “Seharusnya ini sudah melewati target Bappenas. Dan Bolmut sendiri adalah Kabupaten pertama yang lebih dulu masuk zona hijau dari beberapa Kabupaten/Kota Provinsi Sulawesi Utara (Sulut),” jelasnya.

Dirinya juga mengapresiasi 14 pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang turut berperan aktif dalam menanggulangi angka stunting. “Apresiasi juga kita sampaikan kepada 106 desa dan 1 kelurahan yang sudah menganggarkan dana dalam menekan angka stunting ini. Tentunya ini berkat kerja sama tim Pemda Bolmut,” tutupnya. (Rendi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here