Bolsel Gelar Sosialisasi Pembentukan dan Pengelolaan Informasi PPID

0
434
Bolsel Gelar Sosialisasi Pembentukan dan Pengelolaan Informasi PPID Bolsel
Wabub Bolsel Syamsul B. Badu

ZONA BOLSEL – Sosialisasi Pembentukan dan Pengelolaan Informasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang diselengggarakan Bagian Humas Kabupaten Bolaang Mogondow Selatan (Bolsel), berjalan lancar. Acara yang dilaksanakan di aula Kantor Bupati Bolsel, Selasa (28/10), dihadiri seluruh pimpinan SKPD serta Sangadi.

Wakil Bupati, Drs. Sjamsul B. Badu yang membacakan sambutan Bupati Hi Herson Mayulu, menyambut baik pembentukan PPID ini karena merupakan amanat Undang-undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP No. 14/2008). “PPID utama yang ditunjuk oleh Pemkab Bolsel adalah Kabag Humas karena merupakan pejabat yang tugas utamanya adalah mengelola dan mengkoordinasi berbagai informasi untuk disampaikan ke publik,” ungkap Badu

Sementara itu, Komisi Informasi Prov. Sulut, Lekol (Purn) Habel J. Runtuwene, MSi, mengungkap berbagai hal menyangkut hak dan kewajiban peminta informasi sesuai (UU KIP No. 14/2008). “Masyarakat berhak meminta informasi tentang penyelenggaraan pembangunan oleh pemerintah. Namun, harus diingat tidak semua informasi dapat diberikan apalagi yang menyangkut rahasia-rahasia yang berpotensi membahayakan keamanan negara,” ujarnya.

Sosialisasi dilanjutkan dengan pemaparan Pihak PPID Prov. Sulut yang diwakili oleh Bapak Aldrin Anis, SP, MT yang menyampaikan materi tentang Inpres No. 2 tahun 2014 tentang Rencana Aksi Pencegahan Tindak Pidana Korupsi yang salah satu poin pentingnya adalah pembentukan PPID.

Peliput: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here