Tak Miliki Terminal di Bolsel, Sopir Buat Terminal Bayangan

0
425
Tak Miliki Terminal di Bolsel, Sopir Buat Terminal Bayangan Bolsel
Ilustrasi

Zona Bolsel – Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) sejak dimekarkan pada 2008 lalu, hingga kini belum memiliki terminal resmi. Hingga para sopir angkutan umum rute Molibagu-Kotamobagu, Molibagu-Manado dan Molibagu-Gorontalo yang terlantar, terpaksa membuat terminal bayangan di beberapa titik yang ada di pusat kota kabupaten.

Ukam Paputungan, salah satu sopir angkutan umum menuturkan, pemerintah seharusnya segera membuat terminal resmi agar semua bisa teratur. “Terminal banyangan di Bolsel cukup banyak. Ini karena tidak ada terminal resmi,” ujar Paputungan.

Kepala Dinas Perhubungan bolsel Harry Montol saat dikonfirmasi menjelaskan, pihaknya sudah menindaklanjuti rencana pembangunan terminal tersebut dengan memasukkan proposal ke propinsi. Usulan awal Dishub Bolsel meminta pembangunan terminal tipe B dan direspon positif oleh propinsi. Namun pihak propinsi meminta bukan terminal tipe B melainkan terminal tipe A. Sementara untuk syarat pembangunan terminal, pemerintah daerah wajib menyiapkan lahan dan dana pembangunan dari pusat.

“Untuk lahan terminal tipe B hanya membutuhkan lahan seluas 1,5 hektar dan pemda sudah siap. Kalau tipe A minimal lahan tiga hektar (daerah luar Jawa) dan empat hektar (daerah jawa). Sehingga saat ini bolsel masih butuh tambahan lahan lagi,” kata Montol.

Lanjutnya, saat ini Pemkab sedang berupaya mencari tambahan lahan terkait rencana pembangunan terminal tipe A. Saat ini lahan yang sudah siap baru 1,6 hektar. “Jadi, masih butuh tambahan sekira 1,4 hektar,” ungkapnya.

Dia juga menambahkan, alasan propinsi meminta terminal tipe A, karena lokasi rencana pembangunan terminal berada di Ibu kota Kabupaten. Selain itu, bolsel juga merupakan pintu gerbang Sulut untuk wilayah selatan yang berbatasan langsung dengan propinsi Gorontalo. “Rencana pembangunan  terminal ini kita akan terus tindaklanjuti, karena kementerian langsung yang menanganinya,” ujar Harry. Diketahui rencana pembangunan terminal tersebut berada di Desa Soguo Kecamatan Bolaang Uki, dan lokasinya sudah sesuai dengan RTRW Bolsel. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here