Bom Berdaya Ledak Tinggi Ditemukan di Perbatasan Bolmong

0
493
Bom Berdaya Ledak Tinggi Ditemukan di Perbatasan Bolmong Bolmong Headline Hukum
Tampak tim gegana tengah mengevakuasi bom temuan warga

ZONA BOLMONG – Penemuan bom aktif seberat 100 kg gemparkan warga Desa Mondatong Kecamatan Poigar, Bolmong. Bom tersebut ditemukan Markus Sinaulan dan Awin Ula, dua orang warga Desa Durian, Kecamatan Sinonsayang, Minahasa Selatan (Minsel), Senin (10/8). Bom tersebut ditemukan keduannya saat menyusuri sungai di wilayah perbatasan Bolmong dan Minsel, sekitar pukul 16.30 wita.

Awal mula Bom ditemukan, Markus melihat sebuah benda lonjong seperti botol besar dengan diameter sekitar 30 centimeter (Cm) dan panjang sekitar 80 Cm berada di dalam sungai. “Saat melihat bom itu, saya dengan Awin mengangkat bom ke darat,” ujar Markus.

Mereka pun bergegas melaporkan penemuan bom itu kepada Hukum Tua Desa Durian. Dengan segera pula Hukum Tua melaporkan ke Polsek Sinonsayang. Saat itu polisi langsung ke lokasi dan memasang garis polisi di area penemuan itu. Mengingat waktu sudah malam, polisi memutuskan evakuasi bom  dilakukan pada Selasa (11/8) siang.

Pada pukul 11.00 Wita siang tadi, Tim Gegana Brimob Polda Sulut dan Personil Polres Minsel berhasil mengevakuasi bom tersebut dan diamankan ke Mako Brimob Polda Sulut. Menurut Kepala Detasemen (Kaden) Gegana Polda Sulut, AKBP Roy Huwae, bom aktif tersebut berdaya ledak tinggi. “Bom itu diduga peninggalan tentara Jepang pada tahun 40-an,” singkat Roy.

Reporter: Wiradi Gilalom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here