BOS Triwulan I Cair, Rukmi: Gunakan Sesuai Juknis

0
224
BOS Triwulan I Cair, Rukmi: Gunakan Sesuai Juknis Kotamobagu
Dra. Rukmi Simbala, MAP

ZONA KOTAMOBAGU – Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk triwulan I disalurkan. Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) mengingatkan terkait penggunaan BOS agar sesuai dengan petunjuk teknis (Juknis).

“BOS harus dimanfaatkan dengan baik sesuai peruntukan oleh setiap sekolah yang menerima. Jangan digunakan dengan sembarang,” kata Kepala Dikpora Kotamobagu Rukmi Simbala MAP, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Rukmi berharap, pihak komite sekolah dan wali murid bisa mengawasi penggunaan dana BOS tersebut, “jika ada penyaluran yang tidak sesuai dengan Juknis-nya maka segera dilaporkan ke Dinas Pendidikan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepsek SMP Negeri 5 Kota Kotamobagu, Alfriets Akay, mengakui, dana BOS sangat penting karena tak ada bantuan lain untuk sekolah selain itu. Belum lagi Pemkot Kotamobagu telah memberlakukan pendidikan gratis.

Bahkan kata dia, untuk menunjang pendidikan seharusnya sekolah mendapat suntikan dana lain selain dana BOS yang berasal dari dana APBN seperti yang diketahuinya berlaku di beberapa daerah lain.

“Kami berharap Pemerintah Kota ikut memperhatikan dunia pendidikan, khususnya dengan memberikan Biaya Operasional Sekolah Daerah (BOSDA), seperti beberapa daerah lain. Selain BOSDA, di daerah lain yang sempat dikunjungi juga mendapatkan bantuan pendanaan hingga tiga pintu,” tandasnya.

Sekadar diketahui, peruntukan dana BOS Tahun 2016 atau pembiayaan pendidikan yang diperbolehkan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.80 Tahun 2015 yang diundangkan pada Tanggal 31 Desember 2015 adalah sebagai berikut:

  1. Pengembangan Perpustakaan
  2. Kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru
  3. Pembelajaran dan Ekstrakurikuler
  4. Ulangan dan Ujian
  5. Pembelian Bahan Habis Pakai
  6. Langganan Daya dan Jasa
  7. Perawatan/Rehab dan Sanitasi
  8. Pembayaran Honorarium Bulanan
  9. Pengembangan Profesi Guru dan Tenaga Pendidik
  10. Membantu Siswa Miskin
  11. Pembiayaan Pengelolaan Sekolah
  12. Pembelian dan Perawatan Komputer
  13. Biaya Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here