BP4K Kotamobagu Sebut Ayam Flu Burung Bisa Dimakan

0
443
BP4K Kotamobagu Sebut Ayam Flu Burung Bisa Dimakan Headline Kotamobagu
Ilustrasi

 

ZONA KOTAMOBAGU – Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Peternakan dan Kehutanan (BP4K) Kotamobagu, melalui Kepala Seksi pengendalian pengembangan peternakan dan kesehatan hewan, Abdul Manaf Pudul, mengatakan bahwa ayam yang telah terjangkiti virus H5N1 atau flu burung bisa dimakan.

“Bisa, asalkan kepala serta ususnya tidak dimakan, juga ayam harus dimasak dengan suhu panas 200 derajat,” ujar Abdul saat dimintai keterangan zonabmr.com, Sabtu (14/6).

Abdul lanjut menerangkan, yang harus dikhawatirkan dari virus tersebut adalah bukan pada daging ayamnya. “Penyebarannya melalui udara, dan yang paling cepat menyebarkan adalah melalui darah dan kotoran unggas,” tutur Pudul.

Lebih lanjut diuraikannya, jika ayam sudah mulai menunjukkan gejala seperti keluar lendir dari hidung, kulit menjadi biru, anus mengeluarkan kotoran, dan kaki ayam ada bercak-bercak darah, harus segera dimusnahkan dengan cara dibakar. “Jika sudah ada gekalanya harus langsung dibakar ayam serta kandangnya,” terang Abdul.

Terkait hasil tes unggas di wilayah Sampana tersebut, kata Abdul, telah dikirim ke Pemerintah Provinsi (Pemprov). “Hasilnya telah dikirim ke pemprov agar mereka bisa menurunkan tim bantuan untuk turun ke lapangan, melakukan penyemprotan desinfektan, mengingat keterbatasan personel di instansi kami,” tandasnya, seraya mengimbau masyarakat, khususnya yang berada di wilayah Pemkot Kotamobagu dan Pasar tradisional agar waspada.(fahmi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here