BPBD Bolmong Gelar Simulasi Bencana Alam

0
223

BPBD Bolmong Gelar Simulasi Bencana Alam Bolmong

ZONA BOLMONG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolmong melakukan simulasi pencegahan bencana, di Desa Motabang, Kecamatan Lolak, Selasa (25/7) siang tadi. Simulasi dilakukan untuk kondisi sepertti bencana gempa bumi dan tsunami.

Kepala BPBD Bolmong Chenny Wajong, mengatakan, simulasi bencana itu dilakukan untuk mencegah bencana yang tidak menutup kemungkinan akan terjadi. “Simulasi yang dilakukan di Desa Motabang ini seperti bencana gempa dengan kekuatan 7,6 skala richter di kedalaman 30 meter bagian tenggara laut Bolmong pada pukul 11:30 Wita. Bertujuan untuk masyarakat agar tidak panik dan bisa melakukan pencegahan dan bisa menyiapkan pengungsian serta kesehatan,” ungkapnya.

Kegiatan simulasi ini tambah Channy, adalah kegiatan tahunan, namun di tahun ini ditambah menjadi dua kali dalam setahun. “Tahum lalu dilaksanakan di Desa Lolayan dengan simulasi bencana banjir. Dan tahun ini kami laksanakan di Kecamatan Lolak Desa Motabang. Kegiatan ini juga kami laksanakan di desa yang berpotensi terkena bencana alam,” ujarnya.

Salah satu warga yang mengikuti simulasi mengatakan, pelatihan seperti itu sangat penting bagi desa yang berpotensi bencana alam. “Dengan adanya simulasi ini kami sangat bersyukur karena biasa tahu bagaimana menghadapi bencana alam,” katanya.(gung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here