BPBD Fokus Penyelamatan Korban Bencana

0
206

BPBD Fokus Penyelamatan Korban Bencana Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotamobagu, Imran Amon mengungkapkan, dalam pelaksanaan tugasnya BPBD memiliki tiga fungsi, yakni komando, koordinasi dan pelaksana.

“Ketika terjadi bencana kita koordinasi dengan dinas terkait. Jika ada korban bencana dikoordinasikan ke dinas sosial dan bidang lainnya sesuai dengan yang dibutuhkan,” kata Imran.

Dikatakannya, jika terjadi bencana alam seperti kebakaran, pihaknya menyalurkan bantuan seperti tenda darurat. Itupun katanya jika terjadi pengungsian, “Untuk bantuan seperti bahan makanan dan bahan bangunan tidak ada. Itu kami rekomendasikan ke dinas sosial, karena dari kementrian sosial ada anggaran untuk itu,” ujar Imran.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Haris Podomi mengungkapkan, tahun ini pihaknya tak menganggarkan bantuan bagi korban bencana khusunya untuk bencana kebakaran.

“Tahun lalu memang dianggarkan, tapi hanya jadi Silpa. Karena memang untuk bencana kebakaran biasanya tidak ada yang memohon, jadi tahun ini tidak dianggarkan lagi,” ungkap Haris.

Ditambahkannya, bantuan untuk korban bencana kebakaran tersedia dari pemerintah pusat melalui pemerintah provinsi, “Bantuannya dalam bentuk pakaian, perlengkapan mandi dan makanan siap saji,” tambahnya.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here