BPBD Gelar Simulasi Penanganan Bencana di PN Kotamobagu

0
216

BPBD Gelar Simulasi Penanganan Bencana di PN Kotamobagu Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotamobagu menggelar simulasi penanganan bencana di Kantor Pengadilan Negeri (PN) Kotamobagu, Rabu (06/09). Para staf dan hakim PN giat mengikuti simulasi dengan proses evakuasi saat terjadi bencana seperti gempa dan kebakaran.

“Kita hanya memenuhi permintaan dari pihak Pengadilan Negeri untuk sosialisasi sekaligus simulasi penanganan bencana,” kata Kepala BPBD, Refly Mokoginta.

Ia mengungkapkan, sosiliasi dan simulasi itu penting dilakukan. Sehingga ketika terjadi bencana baik gempa maupun kebakaran, para pegawai PN tidak panik dan bisa tahu cara penanganannya. “Ini penting untuk diketahui. Karena bencana alam bisa terjadi kapan dan dimana saja tanpa kita ketahui terlebih dahulu,” ungkapnya.

Wakil Ketua PN, Warsito SH, mengungkapkan pihaknya sengaja meminta pihak BPBD untuk sosialisasi sekaligus simulasi penanganan bencana. Hal itu katanya merupakan salah satu syarat mendapatkan akreditasi. “Selain syarat untuk akreditasi, kegiatan ini juga sangat positif agar kita bisa lebih tahu prosedur penanganan bencana gempa maupun kebakaran,” ungkapnya.

Ditambahkannya, pihaknya akan menyiapkan jalur evakuasi serta titik kumpul bagi para pegawai PN maupun pengunjung yang datang. “Aktivitas di sini sangat padat. Setiap harinya banyak yang datang. Sehingga itu kita akan siapkan jalur evakuasi dan titik kumpul sebagai antisipasi ketika terjadi bencana,” tambahnya. (ads/gito)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here