BPBD Imbau Warga Tetap Waspada Bencana

0
343

BPBD Imbau Warga Tetap Waspada Bencana Bolmong

ZONA BOLMONG — Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengimbau warga agar tetap waspada. IMbauan itu mengingat cuaca ekstrim yang melanda hampir seluruh wilayah Bolaang Mongondow Raya sejak Desember 2016 lalu berpotensi terjadinya bencana alam.

Dikiatakan Kepala BPBD Bolmong Channy Wayong, tingginya curah hujan serta angin kencang dapat memicu bencana. “Pohon tumbang dan tanah longsor serta banjir, harus diwaspadai. Bagi warga yang bermukim di daerah pegunungan serta pesisir pantai, harus waspada sejak dini. Kondisi cuaca yang ekstrim ini masih terus berlangsung,” ujarnya, Minggu (05/03)

Berdasarkan hasil investigasi lapangan oleh BPBD kata Wayong, cuaca ekstim ini masih akan terus berlangsung hingga beberapa bulan ke depan. “Jika ada tanda-tanda terjadinya bencana, warga harus segera mengungsi di tempat yang aman. Kami juga menerima laporan dari warga di mana titik yang berpotensi bencana ini, sehingga penanganan akan lebih prima dan cepat.”

Pihaknya tambah Channy, mempersiapkan keperluan serta peralatan jika terjadi bencana. Peralatan untuk upaya penanganan disesuaikan dengan kebutuhan seperti alat berat pinjam sewa serta ada juga karung untuk penganan darurat.

Daerah Bolmong terdapat beberapa kecamatan yang termasuk pada zona rawan bencana namun ada juga tidak. Untuk potensi bencana banjir hampir di semua kecamatan kecuali Dumoga Tenggara, Passi dan Bilalang.

“Longsor yang rawan masuk wilayah wawan yakni pantura, kecuali Bolaang Timur semua Dumoga, Lolayan, Passi bersatu serta Bilalang. Namun bencana abrasi yaitu pantai poigar, Bolaang Induk sebagian Lolak dan Sangtombolang,” tutupnya.(gung)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here