BPBD Kenalkan Potensi Bencana ke Anak SD

0
273
BPBD Kenalkan Potensi Bencana ke Anak SD Kotamobagu
Sosialisasi pengenalan resiko bencana terhadap anak SD yang dilaksanakan BPBD di SDN I Kotamobagu.

ZONA KOTAMOBAGU – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotamobagu bekerja menggadeng BPBD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengenalkan resiko bencana kepada anak-anak tingkat Sekolah Dasar (SD). Hal itu dilakukan guna memberi pengetahuan dan pemahaman kepada anak-anak terkait ancaman maupun jenis bencana yang ada di lingkungan sekitar.

“Anak-anak perlu tahu bagaimana cara menyelamatkan diri ketika terjadi bencana. Sebab, bencana alam ini bisa terjadi kapan dan dimana saja tanpa kita ketahui terlebih dahulu,” kata Kepala BPBD, Refly Mokoginta, saat sosialisasi pengenalan resiko bencana di SDN 1 Kotamobagu, Kamis (5/4).

Ia mengungkapkan, ada beberapa wilayah di Kota Kotamobagu masuk masuk kawasan rawan bencana, seperti banjir maupun tanah longsor. “Ini yang harus diketahui anak-anak, terutama bencana banjir. Saat hujan turun anak-anak suka mandi hujan padahal tanpa disadari itu bisa mengancam keselamatan mereka apa terlebih jika berada di pinggir sungai,” ungkapnya.

Lanjutnya pihaknya juga mengajak anak-anak untuk tidak membuang sampah sembarangan di sungai. Selain berdampak pada pencemaran air sungai, juga dapat berpotensi terjadi banjir. “Harus ditanamkan sejak dini bahwa tidak boleh membuang sampah di sungai,” ujarnya. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here