BPBD Usul Anggaran 47 miliar ke BNPB

0
304
BPBD Usul Anggaran 47 miliar ke BNPB Kotamobagu
Refly Mokoginta

ZONA KOTAMOBAGU – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengusulkan anggaran sebesar Rp47 miliar ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk penanggulangan bencana yang meliputi pengerjaan fisik, rehabilitasi dan rekonstruksi talud, serta drainase.

Kepala BPBD, Refly Mokoginta, mengatakan ada 17 lokasi yang terdampak bencana diusulkan ke BNPB untuk dikerjakan. “Untuk rehabilitasi dan rekonstruksi talud anggarannya Rp34,6 miliar, kemudian drainase atau gorong-gorong anggaran Rp12,3 miliar. Total yang kita ajukan ke BNPD Rp47 miliar,” kata Refly.

Kasubid Inventarisasi Pembiayaan BNPB, Makbul, menjelaskan pihak melakukan survey berdasarkan proposal yang diajukan BPBD.

“Data diolah tim verifikasi, kemudian diajukan ke DPR dengan direktorat jenderal perimbangan keuangan untuk dibahas bersama BNPB. Andaikan usulan itu disetujui, nanti akan ada MoU antara Pemkot dengan pemerintah pusat terkait perjanjian hibah daerah yang pengelolaannya oleh BPBD Kotamobagu,” jelas Makbul, saat berada di Kotamobagu, Rabu (22/11).

Lanjutnya, dari hasil pengamatan yang dilakukan sejak pagi hingga sore hari, pihaknya melihat pemenuhan kriteria yang sesuai dana rehab rekon atau dana sesudah bencana. “Mudah-mudahan saja usulan itu disetujui, karena yang menentukan dapat atau tidak buka kami. Ada mekanismenya,” ujarnya. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here