BPS Bolmut Gelar Sosialisasi PBDT Tahun 2015

0
520
BPS Bolmut Gelar Sosialisasi PBDT Tahun 2015 Bolmut
Suasana sosialisasi PBDT 2015

ZONA BOLMUT – Sekretaris Daerah Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Reky Posumah, mewakili Bupati Depri Pontoh, secara resmi membuka Sosialisasi Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) Tahun 2015 bertempat di Ruang Rapat Bupati, Selasa (26/05).

Sosialisasi yang dilakanakan Badan Pusat Statistik (BPS) Bolmut tersebut, dalam rangka mempertajam pelaksanaan program perlindungan sosial dan meningkatkan koordinasi dengan pemerintah daerah.

“Peranan data dan informasi menjadi sangat penting, maka BPS maupun instansi penyedia data lainnya dituntut dapat menyediakan data yang tepat dan akurat bagi berbagai kepentingan pembangunan,” kata Posumah membacakan sambutan Bupati Bolmut.

Lanjutnya, melalui Instruksi Presiden No. 7 tahun 2014 menugaskan BPS untuk melakukan pemutakhiran terhadap data PPLS 2011. Karena itu, dalam upaya perbaikan Program perlindungan Sosial 2011 Bupati mengimbau agar Satuan Kerja terkait dapat memberikan dukungan.

“Sehingga ketepatan sasaran serta meminimalkan terjadinya inclusion data dan exclusion data BDT dapat terjamin,” ucap Posumah.

Ditambahkannya, dalam upaya meningkatkan koordinasi penanggulangan kemiskinan di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota, Bupati menyampaikan telah dibentuk Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Bolaang Mongondow Utara.

“Tim ini diharapkan bekerja maksimal dalam mempercepat penanggulangan kemiskinan sehingga pertumbuhan ekonomi yang telah dicapai selama ini dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat,” urai Pontoh.

Lebih lanjut dikatakannya, Bupati berharap kegiatan sosialisasi ini dapat bermanfaat bagi semua pihak, “Semoga bermanfaat untuk memahami pentingnya memperoleh basis data terpadu sebagai dasar penyusunan sistem penargetan bantuan perlindungan sosial agar tepat sasaran,” jelasnya.

Hadir sebagai narasumber dalam sosialisasi tersebut Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bolaang Mongondow Ir. Nofri Mokoagow, Kepala BAPPEDA Bolmut Moh. Syarifudin Potabuga dan Kepala Dinas Sosial Bolmut, Moilom Pontoh.

Acara dihadiri Asisten Bidang Administrasi Umum Sekda Bolmut, Asripan Nani, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Djakaria Babay, Pimpinan SKPD terkait dan Camat se-Kabupaten Bolmut.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here