Home BMR Bolmut Buka Buka Musrenbang RKPD Tahun 2020

Buka Buka Musrenbang RKPD Tahun 2020

0
175
Buka Buka Musrenbang RKPD Tahun 2020 Bolmut
Bupati Drs Hi Depri Pontoh saat memberi sambutan.

ZONA BOLMUT — Bupati Drs Hi Depri Pontoh smembuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2020, yang bertempat di Auditorium Pohohimbunga Kantor Bupati Bolmut. Selasa, (19/3).

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa Musrenbang ini merupakan bagian penting dalam penyusunan RKPD Tahun 2020, yang selanjutnya akan menjadi acuan dalam penyusunan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Palfon Anggaran (PPAS) Tahun 2020.

Dijelaskannya, RKPD Tahun 2020 ditetapkan tema “Memantapkan Sumber daya manusia yang berkualitas dan peningkatan pemerataan infrastruktur”, dengan prioritas pembangunan di bidang infrastruktur akan terus dilakukan pembangunan/peningkatan jalan, rehabilitasi irigasi, pembangunan drainase perkotaan dan pembangunan kantor Pemerintahan.

Sedangkan di bidang pendidikan meliputi pembangunan sarana prasarana pendidikan yang memadai dan peningkatan kualifikasi guru. Di Bidang kesehatan dengan pembangunan sarana prasarana kesehatan serta penyediaan alat kesehatan sesuai standar terutama di RSUD Bolmut. Bidang sosial dan penanggulangan kemiskinan dengan pemberian Kartu Ideal untuk masyarakat yang belum tercover dalam KIS dan KIP serta pembangunan Rumah layak huni.

Di bidang pariwisata akan dikembangkan objek wisata potensial, Bidang investasi melalui pemberdayaan UMKM dan Bumdes serta peningkatan sistem pemasaran produk daerah. Di bidang pelayanan publik akan mengkonversi sistem pelayanan menjadi e-Government berbasis, aplikasi elektronik; dan bidang mitigasi bencana melalui penyediaan perangkat pendeteksi dan peringatan bencana serta rehabilitasi kawasan dampak bencana.

Bupati mengatakan, dilihat dari usulan masyarakat dalam hasil Musrenbang di 6 Kecamatan dengan asumsi belanja langsung pada pagu indikatif Tahun 2020, dapat dipastikan tidak semua usulan program dari masyarakat dapat diakomodir dalam pembiayaan APBD.

“Oleh karena itu, diingatkan kiranya semua pihak dapat memahami situasi dan kondisi keterbatasan kemampuan anggaran daerah, sehingga melalui forum ini dapat disusun skala prioritas usulan pembiayaan pembangunan. Di sisi lain, Pemerintah Daerah selalu berupaya mencari sumber pembiayaan lain yang dapat digunakan untuk melakukan percepatan pembangunan,” kata bupati.

Pada kegiatan itu, dilakukan penandatanganan berita acara Hasil kesepakatan bersama Musrenbang RKPD Kabupaten Bolmut Tahun 2020. (Rendy)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here