Bupati Beber Capaian Pemkab Bolmut Saat Apel Perdana

0
148
Bupati Beber Capaian Pemkab Bolmut Saat Apel Perdana Bolmut
Bupati saat memberi sambutan pada apel perdana.

ZONA BOLMUT – Bupati  Drs Hi Depri Pontoh memimpin apel perdana PNS pasca libur natal dan tahun baru 2019 yang bertempat di Halaman Kantor Bupati Bolmut.

Dalam apel perdana tersebut, dilaksanakan penandatanganan pakta integritas antara pimpinan perangkat daerah dengan Bupati Bolmut, disaksikan oleh Wakil Bupati Bolmut Drs Hi Amin Lasena MAP dan Sekretaris Daerah Dr Drs Hi Asripan Nani MSi.

Dalam sambutannya, bupati menegaskan semua jajarannya untuk terus memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. “Libur dan cuti bersama dalam rangka hari natal dan tahun baru cukup panjang, sehingga tak ada alasan lagi untuk menambah waktu libur. Jangan sampai ada kekosongan. Pelayanan harus dilakukan secara maksimal,” kata bupati.

Pada kesempatan itu, bupati juga menjelaskan soal capaian pembangunan tahun 2013-2018. Angka ketergantungan turun dari angka 61,35 persen menjadi 61,20 persen. Indeks pembangunan manusia sebelumnya 63,67 poin naik menjadi 65,60 poin. Pertumbuhan ekonomi di tengah tekanan moneter global berada pada angka 5,80 persen naik sebesar 6,29 persen. Tingkat pengangguran terbuka sebesar 5,97 persen berhasil ditekan ke angka 4,71 persen. Tingkat kemiskinan sebesar 9,61 persen turun menjadi 8,89 persen. Di bidang pengelolaan keuangan daerah, Kabupaten Bolmut dua kali berturut-turut memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI serta prestasi lainnya baik di tingkat Provinsi maupun Nasional.

Selain itu, bupati menjelaskan pula arah proritas pembangunan Kabupaten Bolmut di Tahun 2019 yang merupakan Tahun pertama bagi perangkat daerah di periode pembangunan jangka menengah Tahun 2019-2023, diantaranya menurunkan angka kemiskinan dengan menurunkan beban pengeluaran keluarga miskin, pemenuhan standar pelayanan minimal sarana prasarana sekolah.

Mendorong kerjasama dengan UNG untuk pembukaan Program Studi di Luar Domisili Kampus Utama (PSDKU) di Kabupaten Bolmut, meningkatkan sarana prasarana dan SDM kesehatan, pembangunan jalan, jembatan dan kantor Pemerintahan, peningkatan sarana air minum dan sanitasi, peningkatan produksi pertanian dan perikanan, optimalisasi tenaga penyuluh, meningkatkan minat investasi lokal maupun swasta, penanganan kawasan rawan bencana, meningkatkan kualitas pelayanan publik dan menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Laksanakan seluruh proses pembangunan melalui tahapan yang jelas dan tepat, sehingga pelaksanaannya akan menghasilkan kinerja baik dan tuntas sesuai target RPJMD, sebagaimana tertuang dalam Visi Mewujudkan Bolmut yang berkelanjutan, Mandiri, Berbudaya dan berdaya saing”,” tegas bupati. (Rendy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here