Bupati Bolmong Sambut Kunjungan Mentan RI dan KSAD Jendral TNI Mulyono

0
280

Bupati Bolmong Sambut Kunjungan Mentan RI dan KSAD Jendral TNI Mulyono Bolmong

ZONA BOLMONG – Menteri Pertanian (Mentan) RI, Amran Sulaiman bersama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono, melakukan kunjungan ke Bolmong, Senin (14/12). Menggunakan helikopetor, rombongan Mentan dan KSAD mendarat di Desa Ponompian sekitar pukul 10.35 WITA, dan langsung menuju lokasi kegiatan di Desa Mototabian, Kecamatan Dumoga.

Di lokasi kegiatan, Mentan dan KSAD disambut Bupati Salihi Mokodongan, Wakil Bupati Yanny Tuuk, Ketua DPRD Welty Komaling, Forkompinda, dan jajaran Pemkab Bolmong, para Babinsa, kelompok tani, serta ribuan warga yang hadir.

KSAD Jenderal TNI Mulyono, mengatakan kemanunggalan TNI adalah rohnya TNI. Dalam program satu juta hektare (Ha) cetak sawah baru, TNI akan siap mendampingi Menteri Pertanian RI dan bersama rakyat untuk mencapai swasembada pangan di Indonesia.

Bupati Bolmong Sambut Kunjungan Mentan RI dan KSAD Jendral TNI Mulyono Bolmong

“Pada tanggal 15 Desember 2015 bersamaan dengan HUT ke-70 TNI-AD, saya berpikir dari pada HUT dirayakan dengan upacara besar-besaran akan membuang dana yang cukup besar, lebih baik dana tersebut digunakan untuk kepentingan masyarakat dalam hal peningkatan pertanian,” kata jendedal bintang empat itu.

Menteri Pertanian RI, Arman Sulaiman, menjelaskan bahwa Presiden RI Joko Widodo sangat memperhatikan sektor pertanian. Hal ini terbukti pada tahun 2015 ini terjadi kenaikan anggaran sekitar 100 persen untuk sektor pertanian dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. “Ini sejarah terbesar sepanjang Indonesia merdeka,” jelas Sulaiman.

Lanjut dikatakannya, untuk distribusi pupuk di Bolmong tidak ada masalah. Ketersediaan pupuk menjadi perhatian serius karena pupuk merupakan rohnya pertanian, “Pada tahun 2016 kami akan melakukan program cetak sawah baru seluas 2.000 Ha di Bolmong,” kata Sulaiman.

Bupati Bolmong Sambut Kunjungan Mentan RI dan KSAD Jendral TNI Mulyono Bolmong

Selanjutnya, KSAD dan Mentan memberikan bantuan alat pertanian berupa traktor, alat penanaman bibit padi kepada kelompok tani dan Babinsa, mesin pengolah tanah dan pompa air, dilanjutkan penanaman padi perdana oleh Babinsa dan kelompok tani dengan disaksikan KSAD dan Mentan.

Bupati Salihi Mokodongan, mengaku bangga karena Bolmong dipilih sebagai tempat kunjungan KSAD dan Mentan bersama rombongan. Ia mengatakan berterima kasih kepada pemerintah pusat yang terusmemberikan bantuan kepada para petani di Bolmong. Pemkab katanya sangat mendukung program pemerintah pusat dalam hal ketahanan pangan.

Bupati Bolmong Sambut Kunjungan Mentan RI dan KSAD Jendral TNI Mulyono Bolmong

“Ke depan untuk target cetak sawah baru, kami dari Pemkab menjamin ketersediaan lahan,” kata Bupati.

Sementara, romobongan yang ikut serta bersama Mentan dan KSAD ke Bolmong di antaranya Asops Kasad Mayjen TNI Jhony Tobing, Aster Kasad Mayjen TNI Kustanto, Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Agus Surya Bakti, Kasdam VII Wirabuana Brigjen TNI Kurnia Dewantara, Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Sulaiman Agusto.

Reporter: Wiradi Gilalom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here