Bupati Buka Sosialisasi Dokumen Amdal Pengembangan Kelapa Sawit dan Karet

0
260
Bupati Buka Sosialisasi Dokumen Amdal Pengembangan Kelapa Sawit dan Karet Bolmong
Suasana sosialisasi

ZONA BOLMONG – Bupati Bolaang Mongondow Hi. Salihi Mokodongan membuka presentasi dokumen analisis dampak lingkungan (Amdal), rencana pengelolaan lingkungan (RKL) dan rencana pengembangan lingkungan (RPL), bertempat di ruang rapat Setdakab, Kamis (5/11). Sosialisasi tersebut dilakukan oleh Izisen grup, investor yang bergerak di bidang pengembangan perkebunan kelapa sawit dan karet, di wilayah Bolmong.

Bupati dalam sambutannya mengatakan, kajian kelayakan lingkungan hidup merupakan analisis yang mendasari semua kegiatan, yang direncanakan dan akan dilaksanakan oleh setiap pengusaha, pengelola dan penanggung jawab kegiatan. Hal itu sebagaimana diamanatkan dalam UU No. 32/2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, yang dijabarkan dalam PP Nomor 27 Tahun 2012, Tentang Izin Lingkungan serta ketentuan lain.

Lebih lanjut Bupati menegaskan hal hal yang harus diperhatikan pihak perusahaan salah satunya meminta terus lakukan konsultasi publik, agar masyarakat tahu apa manfaat kelapa sawit dan karet pada masyarakat, pemerintah dan daerah.

Bupati juga meminta kepada perusahaan agar memberdayakan pekerja yang ada di sekitar lokasi perkebunan, ataupun kesepakatan dengan pemilik lahan secara musyawarah dan mufakat, “hindari pemanfaatan lahan perdarahan yang produktif yang tumpang tindih, serta harus berdasarkan RTLH Bolmong yang telah ditetapkan,” kata Bupati.

Tambah Bupati, kepada tim teknis, tim studi dan tim ahli, serta komisi penilai Amdal, agar memperhatikan kepentingan serta budaya dan kearifan lokal masyarakat setempat dan senantiasa berkoordinasi dengan instansi teknis terkait.

“Diharapkan ke depannya nanti dengan adanya perkebunan kelapa sawit dan karet ini, dapat menunjang bahkan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat yang ada di wilayah kabupaten Bolmong” harap Bupati.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wabub Yanny R. Tuuk Sth MM, Sekda Drs Ashari Sugeha, para asiten, Kaban BLH Ir. Yudha Rantung, Kepala SKPD, Dirut PT Izisen grup beserta jajarannya, ketua dan anggota Komisi Penilai Amdal, para amat, sangadi, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan warga setempat.

Reporter: Wiradi Gilalom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here