Bupati Cek Kesiapan Peralatan dan Logistik BPBD Bolmong

0
158
Bupati Cek Kesiapan Peralatan dan Logistik BPBD Bolmong Bolmong
Tim BPBD Bolmong saat menangani longsor di jalur Pindol, Januari lalu

ZONA BOLMONG – Bupati Bolmong Salihi Mokodingan melakukan pemeriksaan peralatan dan logistik milik Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolmong, Selasa (17/11). Pemeriksaan itu dilakukan guna mengantisipasi kemungkinan bencana alam di musim penghujan ini.

“Saat ini sudah memasuki musim penghujan. Kita harus mengantisipasi kemungkinan datangnya bencana banjir dan tanah longsor. Makanya, segala peralatan bencana sekaligus logistik bagi warga terkena dampak bencana harus siap,” kata Salihi.

Kepala BPBD, Channy Wayong mengatakan, cara mengantisipasi, meminimalisir kerugian bencana alam sudah dipikirkan. Selain melakukan sosialisasi ke warga, pihaknya juga melakukan perbaikan sejumlah infrastruktur, seperti normalisasi sungai di sejumlah wilayah.

“Total anggaran dalam proyek tersebut sekitar Rp1,5 miliar, dalam anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) 2015. Proyek-proyek itu sudah selesai dilaksanakan,” kata Channy.

Menurutnya, penanggulangan bencana merupakan rangkaian kegiatan yang bersifat preventif, penyelamatan dan rehabilitatif yang harus diselenggarakan secara koordinatif, komprehensif, serentak, cepat, tepat dan akurat. Dan itu melibatkan lintas sektor dan lintas wilayah sehingga memerlukan koordinasi berbagai instansi terkait di antaranya BPBD.

Untuk kesiapan logistik, belum lama ini BPBD Bolmong mendapatkan bantuan logistik dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Deputi Bidang Logistik. Bantuan logistik yang diterima senilai Rp152 juta.

“Untuk penyalurannya disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan warga yang terkena bencana,” terang Channy.

Reporter: Wiradi Gilalom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here