Bupati Hadiri GPID dan RIF 2015 di Manado

0
440

Bupati Hadiri GPID dan RIF 2015 di Manado Bolmut  ZONA BOLMUT – Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Pusat menyelenggarakan Gelar Potensi Investasi Daerah (GPID) dan ‘Regional Investment Forum’ (RIF), bertempat di Hotel Sintesa Peninsula, Manado, Rabu (20/5).

Kegiatan yang mengambil tema Industri Kemaritiman dan Pariwisata itu, dihadiri Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa Kemenko Kemaritiman RI, Agung Kuswandono, Direktur Perancangan Destinasi dan Investasi Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Frans Teguh. Turut hadir Bupati Bolaang Mongondow Utara, Depri Pontoh.

Gubernur Sulut, Sinyo H. Sarundajang, dalam sambutanya yang disampaikan Sekretaris Provinsi, Siswa R. Mokodongan, mengatakan, Provinsi Sulut sebagai bagian integral dari NKRI berada pada posisi strategis dalam pengembangan ekonomi di kawasan Pasific. “Kawasan Sulut merupakan jalur perdagangan dunia dan merupakan pusat distribusi barang dan jasa,” kata Mokodongan.

Di samping itu, lanjut Mokodongan, Sulut memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah yang mampu memberikan prospek positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan sentra-sentra industri, “Baik sektor pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dan kelautan, pertambangan dan energi, serta pariwisata,” ucapnya.

Lanjut disampaikan, saat ini Pemerintah Provinsi Sulut terus berupaya mengembangkan dan mengoptimalkan sektor perekonomian dan pembangunan melalui program yang menitikberatkan pada sektor agro kompleks. Hal itu sesuai rencana strategis daerah antara lain, program revitalisasi pertanian, perikanan dan kelautan, pendidikan, kesehatan serta pariwisata sebagai prime mover pembangunan daerah.

“Apalagi setelah daerah ini ditetapkan sebagai salah satu provinsi destinasi unggulan pariwisata di Indonesia, dengan kata lain Sulut memenuhi Kriteria umum untuk pengembangan Trade Tourism and Investment (TTI),” kata Mokodongan.

Diakhir sambutan, Mokodongan didamping Deputi Bidang Promosi Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia, Dr. Himawan Haryoga, secara resmi membuka acara GPID dan RIF, ditandai dengan pemukulan pentungan.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here