Bupati Pastikan Bentuk Tim Indentifikasi Lahan PT ASA

0
533

Bupati Pastikan Bentuk Tim Indentifikasi Lahan PT ASA Boltim

ZONA BOLTIM – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sehan Lanjar, memastikan Pemerintah Daerah (Pemda) Boltim segera membentuk tim gabungan identifikasi pembebasan lahan di lokasi lingkar tambang Desa Kotabunan. Tim yang terdiri dari unsur Pemda, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Badan Pertanahan Negara (BPN), tokoh masyarakat/agama, serta unsur Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)

Landjar mengatakan, Secara spesifikasi tim tersebut akan turun ke lokasi untuk memeriksa serta menghitung semua isi dari lahan yang nantinya diganti rugi oleh pihak PT Arafura Surya Alam (ASA) yang merupakan perusahaan anak cabang dari PT J-Resourses Bolmong (JRBM) Ex Avoced.

“Ini baru tahap awal untuk pendataan masyarakat di area lingkar tambang, sekaligus mendengarkan pendapat para masyarakat langsung. Dimana lahan yang akan dibebaskan PT ASA itu sekitar 342 hektare dari wilayah ijin operasi lahan yang totalnya 4000 hektare,” ungkap Landjar, dalam sambutannya diacara sosialisasi tahap awal pengoperasian PT ASA yang digelar di Aula gedung Kantor Bupati Boltim, Jumat (3/10) pagi tadi.

Adapun tim tersebut dikatakannya, selain dikoordinir langsung Sekertaris Daerah (Sekda) Boltim, juga untuk lebih spesifik dan telitinya akan melibatkan tim ahli dalam proses indentifikasi lahan itu. “Hari ini saya harap Sekda langsung bergerak membahas bersama anggota DPRD di komisi yang berkitan dengan pertambangan,” ungkapnya

Landjar juga menegaskan kepada pihak PT ASA untuk kedepan nanti jika sudah mulai melakukan tahapan pengeoperasian atau eksplorasi, agar kiranya bisa memberdayakan tenaga masyarakat Boltim khusunya warga disekitar lokasi lingkar tambang yang terdapat dua desa yakni, Kotabunan dan Bulawan.

“Di dalam lahan tersebut masih ada tanaman aktif seperti cengkih, pala, kelapa dan tanaman lainnya milik warga setempat. Jadi saya minta harus ada kesepakatan bersama saya selaku Bupati dan PT ASA dan warga untuk mempekerjakan dan memperhatikan warga setempat untuk menjadi tenaga kerja di luar tenaga teknis yang harus didatangkan dari luar daerah,” ujar Landjar.

Hadir dalam sosialisasi tersebut selain Bupati dan Sekda Boltim bersama jajaran SKPD terkait seperti Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), hadir pula Ketua dan Wakil Ketua DPRD serta beberapa anggotanya, pihak Kepolisian Sektor Urban Kotabunan dan pihak Danramil serta PT ASA bersama unsur tokoh masyarakat/agama dan LSM di Boltim.

Peliput: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here