Bupati Sehan Landjar Dilapor ke Polda Sulut

0
831
Bupati Sehan Landjar Dilapor ke Polda Sulut Boltim Headline Hukum
Bupati Boltim, Sehan Landjar SH

ZONA HUKRIM – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sehan Landjar, dilaporkan ke Polda Sulut karena dinilai menghina Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Laporan itu dilayangkan pengurus Partai Nasdem Pusat, setelah Eyang—sapaan akrab Sehan Landjar—dalam sambutannya menyebutkan kata-kata “Jin” kepada partai besutan Surya Paloh itu.

Data resmi diterima zonabmr.com menerangkan, penyataan Eyang tersebut dikatakannya saat memberikan sambutan pada acara peresmian kantor Kementerian Agama (Kemenag) Boltim tepatnya di Kecamatan Tutuyan, tanggal 26 Mei 2015 lalu. Dalam kesempatan itu, diuraikan Eyang selaku Bupati tak hanya memberikan sambutan pemerintah namun disinyalir mengatakan “Partai Nasdem adalah Partai Jin, begitu juga dengan ketuanya”.

Pernyataan Eyang tersebut sontak membuat Pengurus Nasdem Pusat merasa keberatan dan melaporkan kasus itu ke Polda Sulut, serta meminta agar orang nomor satu di Boltim itu dapat dihukum sesuai ketentuan yang berlaku.

Ketua Tim penyidik Reskrimum Polda Sulut, Kompol Dodi Heriansayha, saat dikonfirmasi zonabmr,com, Minggu (16/8) siang tadi, membenarkan adanya laporan tersebut. “Iya Bupati Boltim Sehan Landjar telah dilaporkan oleh pengurus partai Nasdem pusat atas dugaan kasus penghinaan partai Nasdem serta pimpinan partainya,” kata Dodi.

Saat disinggung apakah penyidik sudah melayangkan panggilan kepada terlapor, Dodi mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan kepada saksi-saksi. “Kami sudah melakukan pemeriksaan kepada lima orang saksi yang juga sebagai PNS di lingkup Kemenag Boltim. Kelima saksi ini diperiksa karena pada saat itu mereka menghadiri acara peresmian di kantor Kemenag. Salah satu saksi yang diperiksa tidak lain adalah Kepala Kantor Kemenag Boltim,” terang Dodi

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Boltim, Subekti Ali, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa benar pada hari Senin pekan lalu dirinya telah dimintai keterangan oleh penyidik Polda. “Iya, saya dimintai keterangan penyidik terkait adanya video yang berisi rekaman pernyataan Bupati Boltim,” katanya.

Saat ditanya berapa pertanyaan yang dilayangkan penyidik, Subekti mengaku tak ingat jumlah pertanyaan penyidik, “Saya sudah lupa berapa pertanyaan, yang pasti ada banyak pertanyaan yang telah diberikan penyidik,” ujarnya.

(Konfirmasi kepada Bupati Boltim akan diupayakan dalam waktu secepatnya)

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here