Bupati Warning Sangadi Soal Pemanfaatan Dandes

0
60
Bupati Warning Sangadi Soal Pemanfaatan Dandes Bolmut
Depri Pontoh

ZONA BOLMUT — Bupati Bolmut Drs Hi Depri Pontoh mengingatkan 106 sangadi di daerah itu untuk memahami dengan baik arah pemanfaatan Dana Desa (Dandes) tahun 2019, yang telah diselaraskan dengan arah pembangunan skala nasional yakni membangun dari desa.

Papa Adit (sapaan akrab Depri-red) menegaskan sasaran utama pemanfaatan Dandes tahun 2019 yakni meningkatkan pelayanan public di desa, mengentaskan kemiskinan, memajukan perekonomian desa dan mengatasi kesenjangan pembangunan antar desa.

Lebih lanjut disampaikan, selain tujuan-tujuan yang telah disampaikan, aparat desa juga perlu memperhatikan skema padat karya tunai dalam pemanfaatan Dandes untuk pembangunan infrastruktur dan sarana serta prasarana. Selanjutnya, harus melanjutkan porsi pemanfaatan Dandes untuk pemberdayaan masyarakat, meningkatkan perekonomian desa melalui optimalisasi peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), menciptakan akuntabilitas pelaksanaan Dandes melalui kebijakan penyaluran berdasarkan kinerja pelaksanaan, serta merawat sinergi pengembangan desa melalui pola kemitraan dengan dunia usaha.

“Satu yang tidak boleh dilupakan, instansi teknis terkait beserta seluruh aparatur desa melaksanakan penguatan atas monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan Dandes, kapasitas SDM perangkat desa, serta menjaga pola koordinasi dari tingkat pusat, daerah, kecamatan hingga desa,” himbau orang nomor satu Bolmut itu. (Rendy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here