Burung Hantu Ambang Disiapkan Jadi Maskot KPUD Boltim

0
442
Burung Hantu Ambang Disiapkan Jadi Maskot KPUD Boltim Boltim
Suasana diskusi penetapan maskot KPUD Boltim

ZONA BOLTIM – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) berencana memakai simbol burung hantu jenis ninox ios, untuk maskot yang akan digunakan dalam sosialisasi tiap tahapan Pilkada Boltim 2015.

Ketua KPUD Boltim, Awaluddin Umbola mengungkapkan, burung hantu jenis ninox ios tersebut dalam bahasa Mongondow yakni Ki Lagapan Ambang yang disingkat Kilampang, artinya Si Burung Ambang. Burung tersebut oleh orang Bolaang Mongondow dipercayai sebagai penanda atau burung pembawa kabar.

“Ini burung yang ada di Boltim. Sudah mulai langkah dan hanya terdapat di gunung ambang, hidup di atas ketinggian 1500 kaki,” kata Awaluddin dalam pelaksanaan Focus Group Discussion Mascot di kantor KPUD Boltim, Senin (22/3).

Namun lanjut Awaluddin, pihaknya masih memiliki berbagai pertimbangan untuk masukan dari pihak lain terkait maskot tersebut. “Jadi belum pasti juga untuk burung Ninox hantu itu,” ujarnya.

Agar bisa fokus ke kinerja lain, Awaluddin yang juga didampingi empat komisioner KPUD bersama sejumlah tokoh adat dan masyarakat Boltim, mengaku akan menyelesaikan penetapan maskot KPUD tersebut secepatnya.

“Ini harus melalui musyawarah bersama, jadi ada masukan-masukan dari berbagai pihak untuk mecapai satu pemikiran. Seperti halnya mengungkapkan nama dari maskot, harus diberi alasan tentang warnanya. Pada intinya semua yang terdapat pada bagian maskot itu harus ada makna yang lebih besar kepada daerah Boltim,” ungkapnya.

Awaluddin menambahkan, seharusnya sosialisasi tentang maskot itu sudah dimulai tanggal 17 April semenjak tahapan pilkada resmi di-launcing. Namun karena berbagai kendala yang ada termasuk pendanaan, menjadi satu faktor tertundanya sosialisasi tersebut.

“Kami upayakan secepatnya maskot dan website segera selesai, sebelum pendaftaran calon bulan Juli nanti,” tandas Awaluddin.

Reporter: Rahman Igirisa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here