Bus Cuma Satu, Tak Dapat Tumpangan, PNS Bolmong Tak Ngantor

0
380
Bus Cuma Satu, Tak Dapat Tumpangan, PNS Bolmong Tak Ngantor Bolmong
F: Ilustrasi

ZONA BOLMONG – Tercatat, ada sekitar 85 persen Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemkab Bolmong, masih berdomisili di Kota Kotamobagu. Kondisi jauhnya jarak tempuh menuju antara Kotamobagu-Lolak ini, menjadi penyebab minimnya kehadiran para PNS ini.

Meski begitu, kendala tak hanya permasalah jarak, minimnya kehadiran para abdi negara ini diperparah dengan kendaraan jenis bus yang disediakan pihak Pemkab Bolmong hanya satu unit dan sering tidak beroperasi.

Kalau pun bus beroperasi, tak bisa mengangkut PNS lainnya karena daya tampungnya terbatas. “Terpaksa kami harus menunggu kendaraan pribadi milik pegawai lainnya untuk ditumpangi. Jika tak dapat tumpangan, terpaksa kembali ke rumah dan tidak masuk kantor,” kata PNS wanita berambut sebahu, kemarin.

Kepala Bidang (Kabid) Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Renti Mokoginta, mengatakan memang Pemkab hanya memiliki satu armada khusus mengangkut PNS dengan rute KK-Lolak. Kapasitasnya hanya bisa diisi 25 penumpang saja. “Kadang kendaraan tidak beroperasi karena digunakan urusan pemerintahan yang lain,” kata Renti.

Inilah yang membuat Pemkab kembali mengusulkan pengadaan bus khusus operasional PNS yang belum berdomisili di Lolak. “Usulannya sudah disampaikan ke pemerintah pusat, dan mungkin jika disetujui kendaraannya bisa diadakan tahun anggaran 2015,” ujarnya.

Peliput: Wiradi Gilalom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here