Cabuli Anak Kandung, Odim Divonis Penjara

0
702
Cabuli Anak Kandung, Odim Divonis Penjara Hukum
Ilustrasi

ZONA HUKRIM – Terdakwa kasus cabul, Odim Mokodompit (48), warga Desa Solimandungan I, Kecamatan Bolaang, Kabupaten Bolmong, akhirnya dijatuhi hukuman pidana penjara dalam sidang di Pengadilan Negeri Kotamobagu, Selasa (20/1).

Majelis hakim dalam putusannya berkeyakinan bahwa terdakwa Odim terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana perbuatan cabul, sebagaimana dimaksud dalam pasal 81 ayat (1) Undang-Undang No 23/2002 Tentang Perlindungan Anak.

“Menjatuhkan hukuman pidana penjara sebelas tahun enam bulan, denda 60 juta rupiah subsider enam bulan kurungan,” kata Ketua Majelis Hakim I Dewa Made Budi Watsara.

Dalam putusannya, majelis hakim menilai bahwa terdakwa mengakui perbuatannya dan menyesalinya, sehingga hal itu menjadi pertimbangan untuk memberikan keringanan 6 bulan dari tuntutan jaksa 12 tahun penjara. “Putusan itu jadi pelajaran buat dia (tersangka.red). Itu hukuman yang berat kepadanya,” kata Watsara.

Terkait putusan tersebut, jaksa mengaku masih akan mempertimbangkan upaya hukum. “Kami masih akan pikir-pikir. Masih ada 7 hari untuk banding,” kata jaksa Da’wan Manggalupang.

Sementara itu, Youdi Robbi Porajow selaku penasehat hukum terdakwa mengatakan, terdakwa Oddim telah menerima putusan majelis hakim tersebut. “Putusan itu bagi saya sudah pas, karena terdakwa telah menerima putusan tersebut,” ungkapnya.

Sekadar diketahui, perbuatan keji sang ayah ini terjadi Bulan Juni 2014. Saat itu, korban yang tengah beristirahat tiba-tiba terbangun dan kaget melihat terdakwa sudah di atas tubuhnya dalam keadaan bugil. Korban yang berusia 13 tahun tersebut berupaya melepaskan diri dan mencoba teriak, namun terhenti karena takut setelah menerima ancaman akan dibunuh (baca: Ditinggal Istri, Warga Solimandungan Hamili Anaknya?).

Peliput: Zulkifli Linggotu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here