Cabuli Anak Sendiri, Seorang Ayah Divonis Penjara

0
530

Cabuli Anak Sendiri, Seorang Ayah Divonis Penjara Headline Hukum

ZONA HUKRIM – YL (39) warga Desa Sangkub Timur, Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut), terdakwa kasus cabul terhadap anak kandungnya sendiri, dijatuhi vonis penjara oleh majelis hakim dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Kotamobagu, Senin (05/4) pukul 15.00 Wita.

Pantauan zonabmr.com, sidang yang digelar tertutup dengan Majelis Hakim yang ketuai Nur Dewi Sundari SH, beranggotakan Erick I Christoffel SH dan B Made Cintia Buana SH. dalam putusan nomor 81/PID.B/2014/PN.Ktg menyatakan YL terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan perbuatan persetubuhan dengan anak di bawah umur. Dengannya Majelis Hakim mejatuhkan vonis pidana penjara 9 tahun dengan denda 60 juta rupiah.

Putusan majelis hakim tersebut lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) sebelumnya, yang menuntut 10 tahun pidanan penjara. Sebagaimana diatur dalam pasal 81 ayat (1) Undang-undang No 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak,

JPU Adjie SH saat dimintai keterangan terkait putusan hakim tersebut, mengaku masih akan dipikir-pikir. “Saya masih akan pilir-pikir,” singkat Adjie.

Sekedar diketahui, berdasarkan surat dakwaan JPU nomor REG.PERK:PDM-03/R.1.19/Euh.2/2/2014, kasus pencabulan ini terjadi Desember 2013 lalu. Ibu korban melapor ke Polsek Sangkub yang selanjutnya dilakukan visum di Puskesmas Bintauna yang hasilnya positif kemaluan korban memiliki tanda disetubuhi. Laporan ibu korban ke polisi tersebut dilakukan setelah sebelumnya mendengar langsung cerita dari korban Bunga (nama samaran-usia 13 tahun) bahwa dirinya telah disetubuhi terdakwa.

Peliput: Zulkifli Linggotu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here