Cabuli Pacar, Udi Divonis Lima Tahun Penjara

0
382
Cabuli Pacar, Udi Divonis Lima Tahun Penjara Hukum
ilustrasi

ZONA HUKRIM – Terjerat kasus cabul terhadap pacar sendiri, terdakwa Yusuf Rudy Linu alias Udi (35) warga Desa Doloduo, akhirnya dijatuhi hukuman penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Kotamobagu, Selasa (28/4).

Sidang yang digelar pukul 15.00 Wita sore itu, diketuai Majelis Hakim Imanuel C. R. Danes SH. Dalam surat putusan bernomor 17/Pid,B/2014/PN Ktg, majelis hakim menilai terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana cabul sebagaimana diatur dalam Pasal 81 ayat (2) UU No. 23/2002 tentang perlindungan anak.

Majelis Hakim kemudian menjatuhkan vonis terhadap terdakwa, 5 tahun pidana penjara dan denda Rp 30 Juta. Dengan ketentuan apabila denda tidak dibayarkan maka diganti dengan kurungan selama 3 bulan.

Majelis Hakim dalam putusannya mempertimbangkan hal yang memberatkan vonis tersebut, karena terdakwa telah merusak masa depan korban yang masih di bawah umur. Sementara hal yang merigankan, terdakwa belum pernah dihukum dan perbuatan itu terjadi bukan hanya atas kemauan terdakwa namun juga kemauan korban.

Vonis hakim tersebut lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Nelson Manahan H. Malau SH, yang sebelumnya menuntut terdakwa selama 5 tahun penjara dan denda Rp.60 Juta subsider 6 bulan kurungan. Sementara, baik JPU maupun kuasa hukum terdakwa DM lahunduitan SH, mengaku meneriman putusan majelis hakim tersebut.

Sekadar diketahui, kasus ini bermula pada Juli 2014 saat terdakwa menjalani hubungan cinta dengan korban yang masih berusia 14 tahun.. Terdakwa mengajak korban pergi ke rumah kakanya dan di tempat itu terjadilah hubungan layaknya suami istri antara keduanya. Apes, pada Bulan Oktober keduanya kembali melakukan hubungan serupa di salah satu rumah warga di Desa Uuwan, saat itu keduanya kepergok warga.

Reporter: Zulkifli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here