Calon Sangadi Diadukan Warga Pontodon Timur ke Komisi I DPRD

0
210
Calon Sangadi Diadukan Warga Pontodon Timur ke Komisi I DPRD Headline
Jon Korompot

ZONA KOTAMOBAGU – 16 warga Desa Pontodon Timur menyambangi Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kotamobagu, Kamis (18/11) siang. Maksud kedatangan tersebut untuk mengadukan dugaan penyalahgunaan wewenang mantan sangadi (Kepala desa) yang juga yang juga saat ini sebagai Calon Sangadi, Rolya Dondo.

“Kami mengadukan beberapa persoalan, di antaranya pertanggungjawaban Balai Desa dan masalah tanah hibah yang dijual tanpa didiskusikan dengan Masyarakat Pontodon Timur,” kata perwakilan masyarat yang juga Kepala Urusan Pemerintahan Desa, Jon Korompot saat diwawancarai  zonabmr.com, Kamis siang.

Jon menjelaskan, tanah yang menjadi sumber permasalahan tersebut dihibahkan pada tahun 2008 dan dijual tahun 2013 oleh Rolya Dondo yang menjabat sebagai Sangadi periode 2010-2014. Padahal, pihak yang menghibahkan tanah tersebut pada 2008 silam adalah Jafar Korompot, yang tak lain merupakan suami dari Rolya Dondo.

“Jadi setelah dihibahkan, tanah tersebut dijual kembali ke Jafar Korompot oleh istrinya yang merupakan sangadi saat itu,” ungkap Jon.

Mereka berencana menunggu tindak lanjut pihak DPRD, karena jika tidak ada solusi hal itu akan dilaporkan ke pihak berwajib., “Harapannya ada pertanggungjawaban terkait persoalan Balai Desa dan uang hasil penjualan tanah hibah. Kalau tidak ada, kami menuntut dicabut haknya maju mencalonkan diri sebagai sangadi lagi,” tegas Jon.

Terpisah, personil Komisi I DPRD Dani Mokoginta saat dimintai tanggapannya menyebutkan, pihaknya belum bisa menarik kesimpulan dikarenakan masih harus mendalami persoalan tersebut, termasuk laporan pihak inspektorat Tahun 2013.

“Masih butuh penjelasan tambahan dari semua pihak yang terkait. Termasuk memanggil pihak yang dilaporkan untuk dimintai keterangan. Kalau  misalnya terbukti dikemudian hari, DPR dalam semangat mendorong pemerintahan yang baik akan meminta pPemkot mengevaluasi kembali pencalonan Rolya Dondo dalam Pilsang mendatang,” Jelas Dani.

Reporter: Iswahyudi Masloman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here