Candra Sebut Kapolres Dukung Salah Satu Calon

0
216
Candra Sebut Kapolres Dukung Salah Satu Calon Boltim
Candra Modeong

ZONA BOLTIM – Tidak terlaksananya rapat umum Pasangan Calon (Paslon) Kepala Daerah Boltim, Candra Modeong dan Supratman Datunsolang (CERDAS) pada Senin (23/11) hari ini, tampaknya makin berbuntut panjang. (Baca: Candra Modeong Geram Tak Diizinkan Kampanye)

Hal itu disusul adanya ‎pernyataan Candra Modeong yang menuding Kapolres Bolmong AKBP William Simanjuntak, berada di belakang salah satu calon, “Berdasarkan kronologis dan fakta yang terjadi, saya rasa Kapolres berpihak pada salah satu calon,” sebut Candra kepada sejumlah awak media, Senin (23/11).

Chandra juga mengaku tidak akan melayangkan Surat Tanda Terima Pemberitahun (STTP) ke Polres Bolmong, karena baru pertama kali agendannya, ia sudah dicegat, “Ini terakhir saya menghubungi Polres untuk menyampaikan melakukan rapat umum. Selanjutnya saya tidak lagi melakukan pemberitahuan apapun,” akunya.

Di sisi lain, salah satu Komisioner Pengawas Pemilu (Panwaslu) Boltim Harianto mengungkapkan, dirinya tidak mengetahui adanya pemasangan panggung salah satu calon di lokasi pelaksanaan rapat umum. Kata dia, sudah diberitahukan calon lain agar tidak melakukan kegiatan saat calon lainnya melaksanakan rapat umum.

“Panwaslu juga sudah berkoordinasi dengan kepolisian mengenai hal ini. Kalaupun ada yang memasang panggung, saya rasa tidak apa-apa. Terpenting bukan melakukan aktivitas rapat umum di tempat yang sama,” ungkap Harianto.

Sebelumnya, Kapolres Bolmong melalui Kasat Intel, Suharno, membantah soal tudingan adanya pelarangan rapat umum yang dilayangkan Candra. “Siapa yang tidak izinkan. Semua pasangan calon (Paslon) diizinkan,” ujarnya.

Ditegaskan Suharno, berdasarkan PKPU Nomor 7 Tahun 2015 bahwa paslon yang akan melakukan kampanye harus memasukkan surat pemberitahuan ke Polri, “Mereka belum masukan surat pemberitahuan. Bagaimana sudah bisa bilang tidak diizinkan,” katanya.

“Kalau sudah memasukkan dan kami tidak memberikan izin, itu baru bisa menuding kami,” aku Suharno menandaskan.(pasges)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here