Cegah Banjir, Warga Diminta tak Buang Sampah di Sungai

Cegah Banjir, Warga Diminta tak Buang Sampah di Sungai Kotamobagu
Refly Mokoginta

ZONA KOTAMOBAGU – Masyarakat khususnya yang tinggal di dekat aliran sungai diminta untuk selalu mewaspadai ancaman banjir. Pasalnya, beberapa hari terakhir Kota Kotamobagu selalu diguyur hujan.

“Jika sedang hujan dan melihat debit air sudah mulai naik, maka sebaiknya segera mengungsi ke tempat yang lebih aman. Begitu juga dengan anak-anak, jangan biarkan mereka bermain di dekat sungai terlebih saat sedang hujan. Ini harus jadi perhatian kita guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan bersama,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Refly Mokoginta.

Ia mengungkapkan, banjir merupakan salah satu ancaman bencana bagi masyarakat khususnya di beberapa wilayah di Kota Kotamobagu, seperti Kelurahan Kotobangon, Mongkonai, Gogagoman dan Mogolaing. “Bencana alam yang paling dominan terjadi adalah banjir. Ada beberapa kejadian sepanjang tahun ini,” ungkapnya.

Lanjutnya, Pemkot sudah melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi banjir. Salah satu yang dilakukan adalah melakukan normalisasi sungai. “Yang terpenting juga dan harus jadi perhatian masyarakat adalah tidak membuang sampah di sungai, karena itu bisa menjadi salah satu penyebab terjadi banjir,” ujarnya.

Selain banjir, ancaman bencana longsor serta pohon tumbang juga harus diwaspadai di saat musim hujan seperti saat ini. Beberapa wilayah khususnya di Kecamatan Kotamobagu Utara yang paling rawan dengan ancaman bencana tersebut. (ads/trz)

Leave a Response