Cegah Kebakaran Hutan, BPBD Diminta Intens Koordinasi dengan Masyarakat

0
367
Cegah Kebakaran Hutan, BPBD Diminta Intens Koordinasi dengan Masyarakat Kotamobagu
Anugrah Begie Ch Gobel

ZONA KOTAMOBAGU – Kebakaran hutan dan areal perkebunan yang terjadi di sejumlah wilayah di Sulawesi Utara; yang teranyar di Tumuyu, Kabupaten Bolmong; mendapat perhatian serius personil Komisi II DPRD Kota Kotamobagu, Anugrah Beggie Gobel.

“Kami meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotamobagu lebih proaktif dan intens mengimbau dan menertibkan masyarakat agar tidak membersihkan lahan perkebunan dengan cara membakar,” kata Beggie saat diwawancarai zonabmr.com, Rabu (23/03).

Dijelaskannya, walaupun masyarakat memiliki hak untuk membersihkan lahan perkebunan mereka dengan cara membakar, tetapi harus lebih waspada dan diawasi. Hal itu dikarenakan musim kemarau panjang saat ini.

“Dalam pembahasan RKPJ bersama BPBD, Komisi II telah mengingatkan terkait penanganan bencana kekeringan. Dan menurut pengakuan mereka, BPBD Kotamobagu selalu mendapat info secara berkala dari BPBD dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sulut.”

“Tetapi tetap saja BPBD jangan hanya menunggu bola di tengah kemarau panjang seperti saat ini. Harus turun mengawasi ke lapangan,” harapnya.

Reporter: Iswahyudi Masloman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here