Coloay: Besaran ADD Tiap Desa Bisa Berbeda

0
361
Coloay: Besaran ADD Tiap Desa Bisa Berbeda Kotamobagu
Herry F. Coloay SE

ZONA KOTAMOBAGU – Anggaran Dana Desa (ADD) dari Pemerintah Pusat yang dalam waktu dekat akan turun, mendapat perhatian personil Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Kotamobagu, Herry Coloay.

Dia mengatakan, masyarakat desa harus diberitahukan bahwa ADD yang akan dicairkan bisa berbeda jumlahnya. “Hal itu dimaksudkan agar tidak muncul perselisihan terkait besarnya anggaran yang diterima masing-masing desa,” kata Coloay saat ditemui zonabmr.com di ruang kerjanya, Senin (20/04).

Menurutnya, perbedaan jumlah ADD itu berdasarkan pertimbangan berbagai faktor. Seperti variabel jumlah penduduk, tingkat kemiskinan dan luas wilayah dalam bobot tertentu, kemudian dikalikan indeks kemahalan konstruksi sebagai indikator yang mencerminkan kesulitan geografis.

“Itu sesuai Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang dana desa yang bersumber dari APBN. Dan diharapkan agar ADD ini bisa tepat sasaran, karena ADD diperuntukkan untuk mendanai keseluruhan kewenangan desa sesuai kebutuhan dan prioritas dari masing-masing desa,” tutupnya.

Reporter: Iswahyudi Masloman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here