Cuaca Tak Menentu, Dinkes Ingatkan Pencegahan Dini DBD

0
211
Cuaca Tak Menentu, Dinkes Ingatkan Pencegahan Dini DBD Bolmong
nyamuk Aedes Aegypti

ZONA BOLMONG – Peralihan iklim dari musim hujan ke kemarau berpotensi kuat terjadi penyebaran virus DBD (Demam Berdarah Dengue) bawaan nyamuk Aedes Aegypti. Dengannya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow, terus mengingatkan masyarakat untuk melakukan pencegahan sedini mungkin, mulai dari menjaga kondisi kebersihan lingkungan.

“Kondisi lingkungan yang kurang bersih perlu diwaspadai terkait penyakit DBD. Apalagi diprediksi satu sampai dua pekan DBD akan muncul bila kita tidak segera bertindak,” ungkap Kepala Dinkes dr. Rudiawan melalui Kasie P2L Wiyono.

Menurutnya, pencegahan sedini mungkin perlu dilakukan terhadap virus yang ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti, “Pengobatan penderita sangat penting karena nyawa taruhannya. Namun bila kita waspada dan segera bertindak tak akan terjadi. Sangat mudah dikatakan namun sangat sulit digerakkan,” ucapnya.

Masyarakat sangat menuntut segera dilakukan pengasapan (Fogging), namun sering menunda kerja bakti bersih-bersih lingkungan, “Padahal fogging bukan segalanya, tanpa fogging bisa tuntas bila lingkungan bersih sehingga tempat perindukkan nyamuk tidak berkembang biak,” pungkasnya. (irgi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here