Dampak Covid-19, Pemkot Sesuaikan Kembali Target PAD

0
130
Dampak Covid-19, Pemkot Sesuaikan Kembali Target PAD Headline Kotamobagu
Sugiarto Yunus

ZONA KOTAMOBAGU – Pembatasan aktivitas masyarakat sebagai upaya pencegahan Covid-19 memberi dampak terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pasalnya, beberapa sektor yang menjadi lahan garapan PAD sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), seperti sektor jasa dan pedagangan terdampak penerapan social distancing yang berakibat pada rendahnya penarikan PAD dari sektor-sektor tersebut.

Melihat kondisi ini, Pemerintah Kota (Pemkot) terpaksa harus menyesuaikan kembali nilai PAD yang sudah ditargetkan sebelumnya. “Kami menyadari bahwa PAD tahun ini akan tercapai sesuai target yang ditetapkan sebesar 82 miliar. Kami sementara melakukan penghitungan kembali dan disesuaikan dengan kondisi yang ada. Bisa saja turun sampai 50 persen dari target awal,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD), Sugiarto Yunus.

Ia mengakui, pendapatan sejumlah tempat usaha mengalami penurunan di tengah pandemic virus corona saat ini. Namun demikian, ia mengatakan pihaknya akan terus melakukan pengawasan serta memaksimalkan berbagai potensi yang ada. “Untuk PBB-P2 (Pajak Bumi Bangunan Pedesaan dan Perkotaan) tetap. Kecuali di tempat usaha termasuk hotel yang akan disesuaikan kembali dengan kondisi rill,” ujarnya. (guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here